22.Feb.2018

Misteriusnya Batu Solor Bondowoso, Stonehenge-nya Indonesia


Tahu Stonehenge, kan? Monumen misterius yang berlokasi di Wiltshire, Inggris, ini sampai sekarang belom ketahuan fungsi dan tahun persis dibangunnya. Ada yang bilang makam, ada yang bilang tempat pemujaan, ada yang nganggep tempat selfie (bener, kan?). Saking misterius dan menawannya, banyak replika Stonehenge berdiri di tempat lain, misalnya aja Carhenge dan Foamhenge di Amerika Serikat.

0
0
0

Tak disangka tak dinyana, ternyata Indonesia punya Stonehenge juga! Maaf-maaf aja, nih, Amerika. Punyanya Indonesia bukan replika alias asli 100%, lho! Stonehenge Indonesia pun punya nama sendiri, yaitu Batu Solor Bondowoso. Meskipun gak kembar banget, Batu Solor Bondowoso juga berbentuk batu-batuan tinggi mirip pilar yang bertumpuk dan diperkirakan berasal dari jaman megalitikum.

sumber foto: ksmtour.com dalam artikel "Batu Solor Jawa Tengah Kembaran Stonehenge Inggris"

Ada cerita yang bilang kalau dulu ada bangsawan Majapahit bernama Bhre Wirabumi yang diutus Prabu Hayam Wuruk buat jadi penguasa wilayah Majapahit di Jawa Timur. Dalam perjalanannya, dia sampai di Bondowoso. Nyasar dan lupa arah, Bhre tiba-tiba denger suara gaib yang bilang naikilah batu tinggi itu. Gak cuma itu, ada juga cahaya misterius yang bersinar di sana dan Bhre pun naik dengan bantuan sulur tanaman yang nempel di batu. Waktu sampai di atas, dia langsung semedi selama 5 malem. Abis itu, Bhre Wirabumi menamai batu itu "Batu Sulur"? (Solor dalam bahasa Madura) dan ngelanjutin perjalanannya ke selatan. Di kemudian hari, Bhre Wirabumi pun diangkat jadi Raja Blambangan pertama. Nah, kisah inilah yang bikin Batu Solor Bondowoso dikeramatkan warga setempat. Dalam bahasa Madura, batu ini disebut Batoh So'on yang berarti batu bersusun.

sumber foto: travelingyuk.com dari instagram.com/p/BTBP2FdlK6D/

Meskipun cantik banget, sayangnya akses ke situs bersejarah yang berlokasi di Desa Solor Kecamatan Cermee ini masih susah. Bukan cuma harus berhadapan sama jalan yang rusak parah, kita juga harus ngelewatin banyak bukit dan sawah, persis ninja Hattori. Waktu tempuh ke Batu Solor Bondowoso juga lumayan lama, sekitar 2,5 jam. Kamu harus siap rela terguncang-guncang dalam mobil offroad atau kecipratan lumpur kalau naik motor trail. Sedia obat mabok sama baju ganti, ya, apalagi kalau ke sininya pas musim ujan.

Komentar