13.Oct.2020

Menyapa 500 Patung di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Tanjung Pinang


Berwisata ke Pulau Bintan memang menjadi hal yang paling dinantikan banyak orang. Soalnya, tempat ini memiliki banyak spot yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata alam, hingga wisata buatan.Tapi apa jadinya jika pergi ke Pulau Bintan, tujuan wisatanya justru ke sebuah vihara?

0
0
0

 

Pesona Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Vihara 1.000 Wajah Dari Tanjung Pinang

Sumber gambar: https://www.instagram.com/julius.anthony45

Terkenal dengan keindahan panorama bahari yang begitu memesona, Pulau Bintan memang layak disebut sebagai salah satu surganya pantai indah di daerah perbatasan. Mulai dari pantai-pantai eksotis, hingga pulau-pulau mungil di sekitar Pulau Bintan yang begitu sayang untuk dilewatkan. Meski begitu, Pulau Bintan juga punya satu tempat unik dan cuma ada di pulau terbesar di Kepulauan Riau ini. Namanya Vihara Ksitigarbha Bodhisattva.

 

Daya Tarik Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva (500 Lohan Temple) - Bintan Resorts

Sumber gambar: https://www.bintan-resorts.com/experiences/vihara-ksitigarbha-bodhisattva-500-lohan-temple/

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva merupakan tempat ibadah umat Budha yang diresmikan pada 2017 lalu. Nama vihara ini diambil dari salah satu tokoh yang sangat dipuja bernama Ksitigarbha Bodhisattva. Selain dijadikan nama vihara, kamu juga akan melihat patung berukuran besar saat datang ke vihara ini. Patung itu adalah sosok dari Ksitigarbha Bodhisattva.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, vihara ini juga dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Daya tarik utamanya yaitu adanya 500 patung lohan yang berjajar di area vihara. Kamu akan melihat 500 patung dengan wajah yang berbeda-beda yang ukurannya sama dengan manusia pada umumnya. Itu sebabnya, vihara ini juga disebut sebagai vihara 1000 wajah oleh masyarakat setempat.

 

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Vihara 1000 Wajah - Tempat.me

Sumber gambar: https://www.tempatwisata.pro/wisata/Vihara-Ksitigarbha-Bodhisattva

Semua patung lohan yang ada merupakan hasil dari donatur masyarakat saat pembangunan vihara. Di bawah patung-patung tersebut juga terdapat nama-nama donatur yang bersangkutan. Ini sebagai bentuk penghargaan kepada para donatur atas berdirinya Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Selain patung lohan, di vihara ini juga terdapat patung-patung dewa.

Anda bisa melihat sekaligus berfoto di depan ratusan patung lohan yang berjajar rapi di vihara ini. Bangunannya yang begitu kokoh dan menjulang di area ketinggian membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Kamu juga akan menikmati ketenangan dengan hamparan persawahan hijau yang ada di sekitar vihara.

 

Lokasi Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva | Indri Junanda | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/indrijunanda6/32824616561

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva berada di Tanjung Pinang Timur, tepatnya di Jalan Asia Afrika KM 14. Letaknya hanya 10 km dari pusat kota Tanjung Pinang. Untuk mencapai Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, kamu bisa melalui jalan Nusantara, mengambil jalan ke arah kanan menuju Jalan Asia Afrika. Kalau kamu mau berkunjung ke sini, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva bisa kamu kunjungi mulai dari pukul 07.00 - 17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp5.000.

Komentar