08.Jun.2020

Menjelajahi Rumah Lumba-Lumba di Teluk Kiluan


Terkenal dengan sebutan negara kepulauan membuat Indonesia selalu menjadi target untuk mengeksplor keindahan ekosistem baharinya. Termasuk salah satu pulau yang berada di wilayah Lampung, tepatnya di Teluk Kiluan. Terkenal dengan rumah lumba-lumba di tanah Lampung membuat Teluk Kiluan semakin diminati para wisatawan.

0
0
0

 

Pesona Lumba-Lumba di Teluk Kiluan | Blog Kili Kili Adventure

Sumber gambar: http://kilikili-adventure.com/intermezzo/story/pesona-lumba-lumba-di-teluk-kiluan

Pulau ini sangat nyaman untuk melepaskan penat dari rutinitas. Suasana di pulau ini juga sangat tenang karena berada tepat di mulut Teluk Kiluan sehingga ombaknya nggak terlalu besar. Apalagi seluruh pulau ini ditutupi pepohonan rindang, kamu pasti akan betah berlama-lama. 

Pulau dengan landscape pemandangan yang sangat menakjubkan ini akan memanjakan kamu dengan pasir putih yang sangat alami dan gradasi air laut berwarna biru kehijauan, sangat jernih. Bahkan kamu bisa melihat terumbu karang dan ikan hias laut secara jelas dari permukaan air. Kamu bisa banget snorkeling di sekitar Pulau Kiluan ini.

 

Perahu Ketinting Teluk Kiluan | KEKAYAAN NEGERIKU INDONESIA … | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/tourdejava/43416030385

Lokasinya berada di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Kalau kamu mau ke pulau ini, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam dari Kota Bandar Lampung, jaraknya sekitar 80 KM. Kalau kamu sudah sampai di Desa Kiluan Negeri, kamu harus lanjut menyeberang untuk bisa ke Pulau Kiluan. Biayanya sekitar Rp250.000 per kapal yang bisa menampung hingga 20 penumpang. 

Kalau ke pulau ini, sebaiknya datang saat musim kemarau, karena track akan lebih bersahabat. Walaupun jaraknya cukup jauh dan track menuju lokasi cukup sulit tapi kamu akan puas ketika sampai ke pulau yang kaya akan pemandangan dan ekosistem baharinya ini.

 

Dolphin on Kiluan Bay – Journesia

Sumber gambar: https://journesia.com/photo/dolphin-on-kiluan-bay/

Selain pemandangan pantai dan lautnya yang sangat indah, Teluk Kiluan ini juga jadi habitat dari ratusan ekor lumba-lumba. Ada dua jenis lumba-lumba yang bermukim di teluk ini, ada lumba-lumba hidung botol, dan lumba-lumba snipper. Kamu dapat menjumpai mereka di tengah laut. Saran dari Mister, supaya perjalananmu nggak sia-sia, usahakan sampai di tengah laut pada pukul 6 pagi ya, karena lumba-lumba akan keluar pada pagi hari. Mereka sangat ramah dengan pengunjung, bahkan mereka akan mengikuti kamu dari sebelah kanan atau kiri perahu/kapal. Jadi, siap-siap abadikan momen kamu ya ketika bertemu mereka.

Puas melihat lumba-lumba, tapi masih betah di Teluk Kiluan, kamu bisa nih bermalam di Pulau Kiluan. Ada berbagai homestay yang disediakan secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp150.000 hingga Rp500.000 per malam

Komentar