09.Jun.2022

4 Kuliner India yang Mirip dengan Makanan Indonesia


Makanan Khas Negara India – Indonesia dan India merupakan kedua negara yang mempunyai kemiripan sejarah, geografis, budaya sampai dengan kulinernya. Kuliner dar kedua ini dinilai mirip karena kedua negara ini adalah negara penghasil rempah yang kaya.  

0
0
0

Mulai dari perwujudan rasa, tekstur, aroma, bahkan penggunaan rempah. Uniknya adalah banyak makanan India yang mirip dengan makanan Indonesia. Apa sajakah itu? Yuk, kita bahas lebih lanjut terkait 4 makanan khas negara India yang mirip dengan makanan Indonesia.

 

roti and meat slices with sauce on plate

Source: unsplash.com/@amir_v_ali

Butter Chicken Mirip dengan Gulai Ayam

Warna, tekstur, dan cita rasa dari butter chicken mirip dengan gulai ayam. Butter chicken memiliki warna yang kuning terang dan terbuat dari bahan utama ayam, dengan tambahan ragam rempah seperti cengkeh, garam masala, jinten, kapulaga, daun kari, krim, yoghurt, susu. Di sisi lain, gulai ayam adalah masakan di Indonesia yang memiliki rasa pedas dan gurih.

Dal pakora recipe - BBC Food

Source: bbc.co.uk

Pakora Mirip dengan Bakwan

Makanan India satu ini dibuat dari tepung terigu, garam masala, beragam sayuran seperti bayam, daun ketumbar dan daun bawang. Bahan-bahan ini dicampur menjadi satu adonan yang kemudian digoreng dalam minyak panas. Mirip dengan bakwan, gorengan ini renyah nan gurih yang terbuat dari taoge, kol dan wortel yang diparut.

Appam - Wikiwand

Source: wikiwand

Appam Mirip dengan Kue Apem

Makanan appam ini memiliki tekstur, aroma, dan cita rasa yang mirip sekali dengan kue apem khas Indonesia. Kedua makanan ini merupakan makanan yang difermentasikan dengan bahan utama nasi/tepung beras, kelapa, dan gula. Appam memiliki rasa asin dan dimakan dengan lauk pelengkap. Sedangkan, kue apem memiliki rasa manis dan disantap sebagai makanan penutup.

Puttu - Whole wheat flour and coconut roll - India - Exotic recipes — Authentic World Food

Source: authentic world food

Puttu Mirip dengan Kue Putu

Makanan khas India selatan ini dikenal dengan nama puttu memiliki tekstur yang mirip dengan kue putu asal Indonesia. Kedua makanan ini dimasak dengan metode pengukusan dengan bahan utama tepung beras, kelapa parut, dan gula merah.

Baca juga: Gak Perlu Jauh-Jauh ke Meksiko, Di Indonesia Juga Ada

Komentar