28.Feb.2020

Lihat Indahnya Bukit Candi Abang di Jogja


Jogja lagi, lagi-lagi Jogja. Kalian jangan bosen, ya, kalau Mister ngebahas Jogja lagi. Habis, Jogja emang memesona banget, sih. Mau berwisata sekaligus belajar budaya? Jelas bisa. Mau kenyang kulineran? Jogja punya banyak. Atau mau foto-foto cantik di wisata alamnya? Ayo aja. Nah, ngomong-omong soal wisata alam, kali ini Mister mau berbagi informasi tentang Bukit Candi Abang di Jogja. Bukit, tapi, kok candi? Langsung baca, deh.

0
0
0

Di mana, sih, lokasi Bukit Candi Abang? Di Desa Jogotirto, Kabupaten Sleman. Dari Jogja kota, jaraknya lebih kurang 40 menit berkendara. Kalau mau ke sana, kalian bisa lewat Jalan Raya Piyungan, Jalan Raya Berbah, atau Jalan Wonosari.

Setibanya di tempat tujuan, kalian bisa memarkir kendaraan dengan menitipkannya di rumah milik warga sekitar. Selanjutnya, kalian harus siap berolahraga. Berolahraga? Yup, kalian harus berjalan untuk sampai di Bukit Candi Abang.

Medan jalannya jelas nggak mudah. Berpasir, licin, dan semakin lama semakin menanjak. Siap-siap ngos-ngosan, deh. Tapi, tenang. Selama berjalan menuju bukit, kalian bakal ditemani pemandangan asri berupa persawahan. Nyegerin mata banget, deh, pokoknya.

Sumber: https://www.kompasiana.com/losnito/55b72fdf26b0bd0437e0907d/ini-alasannya-candi-abang-diburu-wisatawan?page=all

Sehabis ngos-ngosan jalan, kalian bakal disambut indahnya pemandangan Bukit Candi Abang. Rasa capek kalian terbayar lunas. Bukitnya bagus buat berfoto-foto, ijo royo-royo gitu.

Banyak wisatawan datang ke Bukit Candi Abang di Jogja buat menikmati sunrise dan sunset. Banyak juga yang datang ke sini buat foto pre-wedding. Kalian yang tinggal di Jogja dan mau menikah dan butuh rekomendasi lokasi foto pre-wedding yang oke, silakan datang ke Bukit Candi Abang.

Mungkin sedari tadi kalian bertanya-tanya, ini bukit, tapi, kok ada nama candinya? Jadi, memang di bukit itu, dulunya ada Candi Abang. Sekarang, udah nggak ada candinya, tinggal puing-puingnya. Bukti paling mencolok keberadaan Candi Abang adalah adanya arca berbentuk segi delapan di bawah bukit.

Arca segi delapan (sumber: https://www.kompasiana.com/losnito/55b72fdf26b0bd0437e0907d/ini-alasannya-candi-abang-diburu-wisatawan?page=all)

Kenapa dinamakan Candi Abang? Berbeda dengan kebanyakan candi lain yang terbuat dari batu andesit (batu yang berasal dari gunung api), Candi Abang terbuat dari batu bata alias batu berwarna merah. Abang dalam bahasa Jawa berarti merah.

Bukit Candi Abang di Jogja dikenal pula dengan sebutan Bukit Teletubbies. Kalian ingat, dong, dengan Tinky Winky, Dipsy, Lala, Po? Nah, kelima tokoh berwarna-warni itu sehari-hari menghabiskan waktu di bukit hijau. Nah, Bukit Candi Abang ini mirip dengan bukit hijaunya Teletubbies.

Sumber: http://gowespesonajogja.blogspot.com/2014/12/gowes-ke-candi-abang-berbah-sleman.html

Oh, ya, denger-denger, nih, ada mitos yang berkembang di Bukit Candi Abang di Jogja. Katanya, di atas bukit ini, terkadang terlihat awan berwarna merah. Ya, cuma orang “sakti” yang bisa melihat awan merah itu.

Entah percaya entah nggak dengan mitos itu, yang jelas Bukit Candi Abang di Jogja cocok banget dikunjungi kalau kalian pengin sejenak menenangkan pikiran dari padatnya rutinitas sehari-hari. Dan, pastinya, pemandangan di sekitar bukit ini bisa bikin feed Instagram kalian makin keceh.

Komentar