02.Nov.2018

Kenalan dengan Suku Bajau, Sang Aquaman di Dunia Nyata!


0
0
0

Sumber foto: denofgeek.com/us/movies/aquaman/246714/aquaman-movie-trailer-cast-release-date-story-news

Sosok Aquaman, superhero yang diperankan oleh Jason Momoa itu berhasil memikat perhatian penikmat film. Nggak cuma tampan dan badan yang seksi, tapi keahliannya sebagai penguasa lautan juga menarik untuk diikuti kisahnya. Tapi Aladiners tau nggak kalo di dunia nyata, Aquaman itu beneran ada, lho!

Sebuah suku bernama Bajau belakangan ini mencuri perhatian khalayak luas. Soalnya, suku tersebut persis seperti Aquaman!

Sumber foto: boredpanda.com/the-bajaus-who-are-these-sea-gipsies/?utm_source=boombastis&utm_medium=referral&utm_campaign=organic

Ada yang bilang, jika Suku Bajau pertama kali berasal dari Filipina. Namun karena mereka sangat jarang menjejakkan kaki di daratan Filipina, pemerintah setempat nggak mengakui Suku Bajau sebagai bagian dari warga negara Filipina. Sumber lain menyebutkan jika Suku Bajau berasal dari perairan Sulawesi. Ada juga yang menyebutkan jika asal Suku Bajau adalah Kalimantan. Terlepas dari banyaknya speskulasi, Suku Bajau sendiri selalu berlayar di perairan Asia Tenggara.

Sumber foto: oleh Ahmad Yusni/EPA, diambil dari beritagar.id/media/galeri-foto/kehidupan-suku-bajau-di-perairan-malaysia

Menghabiskan seluruh hidupnya di kapal yang selalu berlayar, membuat anak-anak Suku Bajau nggak mencicipi bangku sekolahan. Orang tua mereka juga kurang peduli soal pendidikan. Makanya Suku Bajau nggak bisa membaca dan menulis. Bahasa sehari-hari yang mereka gunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa tempat daratan yang mereka singgahi. Misalnya, kalo mereka lagi singgah di Filipina, bahasa yang mereka gunakan adalah Tagalog. Kalo Suku Bajau sedang merapat ke Indonesia, mereka akan gunakan Bahasa Indonesia tapi nggak terlalu fasih karena ada campuran  logat Melayu.

Sumber foto: i.pinimg.com/originals/b3/46/ed/b346ed71b589f28ad4522a7e7c664cd5.jpg

Karena seluruh hidupnya di laut, kehidupan mereka hanya seputar melaut dan mencari ikan untuk kebutuhan sehari-hari. Ikan- ikan yang berhasil mereka tangkap, akan ditukar dengan barang milik penduduk di daratan Indonesia yang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Unik, ya? Di jaman now kayak gini, masih ada yang bertransaksi dengan sistem barter!

Sejak kecil, anak-anak Suku Bajau udah diajarin untuk pandai menyelam. Yup, bukan cuma sekedar berenang, tapi juga menyelam. Karena udah terbiasa dari kecil, banyak ilmuwan yang membuktikan jika masyarakat Suku Bajau mengalami evolusi! Limpa yang ada di dalam tubuh mereka, mengalami pembesaran sebesar 50% dibandingkan dengan limpa orang normal, yang membuat mereka bisa menahan napas selama 13 menit di dalam air. Nggak heran kan mereka bisa pinter nyelam tanpa alat bantu sama sekali?

Sumber foto: ichef.bbci.co.uk/wwfeatures/wm/live/1280_720/images/live/p0/2b/vj/p02bvjb9.jpg

Buat Aladiners yang penasaran ingin melihat langsung masyarakat Suku Bajau, dateng aja ke kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah. Di wilayah tersebut terdapat Pulau Papan, pulau yang paling banyak ditempati Suku Bajau. Di Pulau tersebut, banyak sekali pemukiman unik yang dibangun di atas air untuk tempat beristirahat Suku Bajau lho!

Komentar