11.Jun.2021

Kampung Karst Rammang Rammang yang Luar Biasa di Makassar


Kalau di Padang ada Lembah Harau, di Makassar ada Rammang Rammang yang jadi primadonanya. Meski tak serupa, Rammang Rammang memiliki suasana yang mirip dengan Lembah Harau yang dikelilingi pegunungan dan tebing yang tinggi.

0
0
0

 

Indahnya Pegunungan Karst

Sumber gambar: https://www.instagram.com/diniaiko/

Rammang Rammang merupakan kawasan pegunungan karst terbesar ketiga di dunia. Pengunjung akan disuguhkan dengan tebing-tebing besar menyerupai gunung yang diselimuti pepohonan hijau di sekitarnya.

Nama Rammang Rammang sendiri diambil dari bahasa Makassar yang artinya awan atau kabut. Nama itu dipilih karena hampir tiap pagi situasi di tempat ini memang selalu diselimuti oleh kabut yang tebal, sehingga dinamakan Rammang Rammang oleh warga setempat.

Datang ke Rammang Rammang bukan hanya menikmati suasana pegunungan batu karst, kamu juga bisa menikmati berbagai objek wisata lainnya yang ada di tempat ini. Mulai dari Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, Kampung Berua dan Telaga Bidadari. Nah berikut ini beberapa penampakan destinasi wisata yang ada.

 

1. Taman Hutan Batu Kapur Rammang Rammang

Sumber gambar: https://www.instagram.com/herwinbahar/

Percaya atau tidak, ini adalah salah satu taman hutan batu yang terindah di dunia, lho! Susunan batuan karst berjajar tak beraturan dengan pepohonan membuatnya berpadu sangat indah. Terdapat banyak vegetasi tumbuhan dan hewan yang sangat beragam di tempat ini.

 

2. Sungai Pute

Sumber gambar: https://www.instagram.com/ady_rammang_rammang_trip/

Sungai ini adalah penghubung para antara dermaga dan Kampung Berua. Wisatawan yang datang pasti akan melewati sungai yang cantik ini. Suasana sungai sangat sunyi, airnya tenang dan dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun. Kamu hanya akan mendengar suara mesin perahu dan barung saat melintasin sungai ini.

 

3. Kampung Berua

Sumber gambar: https://www.instagram.com/novian_kuncorohadi/

Ini merupakan pemukiman warga yang secara otomatis jadi bagian dari objek wisata Rammang Rammang. Kehangatan penduduk lokal dengan indahnya pemandangan gunung batu karst yang kehijauan jadi paduan yang sangat menarik. Di kampung ini, kamu bisa mencicipi masakan khas setempat sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan.

 

Lokasi dan Harga Tiket Rammang Rammang

Keren kan tempatnya? Buat kamu yang nggak sabar mau datang langsung ke Rammang Rammang, kamu bisa langsung menuju Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Jaraknya tak begitu jauh dari pusat kota Makassar. Dari bandara Sultan Hasanuddin hanya 32,6 km atau sekitar 1 jam waktu tempuh.

Rute menuju lokasi pun sangat mudah, kamu cukup mengikuti rute angkutan umum Pangkep lalu bertemu dengan pertigaan Semen Bosowa. Dari sana, kamu cukup mengarahkan kendaraan ke arah kiri untuk menuju Dermaga Salenrang. Dari dermaga inilah nantinya kamu akan menyewa kapal untuk menuju Kampung Berua melewati Sungai Pute.

Untuk harga tiket wisatanya cukup terjangkau. Kamu bisa menikmati keindahan Rammang Rammang hanya dengan membayar Rp2.500 per orang. Sementara untuk penyewaan kapal dari Dermaga Salenrang harganya beragam tergantung kapasitas kapal. Tarif Rp200.000 untuk kapal berkapasitas 4 orang, Rp250.000 untuk kapal berkapasitas 7 orang, dan Rp300.000 untuk kapal dengan kapasitas 10 orang.

Komentar