14.Nov.2019

Jangan Berani Coba-Coba Ucapkan Kata Ini Ketika Masuk Gua Belanda di Dago


Warga Kota Bandung pasti udah nggak asing sama Gua Belanda yang ada di kawasan Dago. Buat kamu yang lagi jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa buat mampir ke kawasan Taman Hutan Raya yang punya pemandangan indah dan suasananya yang damai. Nggak heran kalau kawasan Dago Pakar selalu laris manis diburu wisatawan yang datang ke Bandung, apalagi ketika weekend, pastinya semakin ramai.

0
0
0

Namun di balik pemandangannya yang indah, Gua Belanda di Taman Hutan Raya ini juga menyimpan cerita mistis yang penuh sejarah. Gua yang dibangun sekitar tahun 1941 ini masih berdiri kokoh meskipun arsitekturnya udah usang dan tua banget.

Sumber foto: https://sportourism.id/tag/goa-belanda

Peninggalan sejarah berupa Gua pada zaman penjajahan Belanda memang jadi daya tarik tersendiri. Selain penuh nilai estetika, berbagai kisah mistis dan misteriusnya pun membuat kita selalu penasaran. Ada banyak kisah misteri, mitos dan kisah mistis yang meliputinya. Cerita-cerita seputar hal mistis pun terus berkembang di antara warga setempat.

Saat memasuki Gua Belanda yang berada di Hutan Raya Djuanda ini, hawa panas akan terasa meskipun cuaca mendung bahkan hujan. Masyarakat setempat meyakini kalau di dalam Gua Belanda ini banyak hal aneh yang sering dirasakan. Gua Belanda ini memang cukup disakralkan oleh masyarakat setempat. Konon katanya, di Gua ini wisatawan dilarang mengucapkan kata “Lada”.

Lho, emang kenapa gak boleh? Gimana kalau ada yang nggak sengaja nyebut kata “Lada”?

Sumber foto: https://www.flickr.com/photos/vicong/14148393620

Lada dalam Bahasa Sunda berarti pedas, nama Lada ini menurut masyarakat setempat sebetulnya merupakan nama dari salah satu tokoh masyarakat atau leluhur yang begitu dihormati, yakni Eyang Lada Wisesa. Katanya, kalau seseorang ada yang nekat nyebutin kata “Lada” udah deh kelar, pasti akan mengalami hal-hal mistis, bahkan parahnya lagi bisa sampai kesurupan! Hiii, merinding, nih, Mister~

Gimana gak merinding, Gua ini juga umurnya udah puluhan tahun dan dibuat dengan tenaga kerja para pekerja paksa. Sayangnya, pembuatan gua ini nggak sempet terselesaikan. Puluhan tahun ditinggalkan, sekarang Gua Belanda ini menyisakan banyak kisah misteri.

Sumber foto:

Kondisi Gua yang lembab dan gelap membuat Gua ini memiliki atmosfer yang aneh. Ada banyak cerita yang bikin bulu kudung merinding gak karuan. Mulai dari penampakan sosok tentara Jepang tanpa kepala, suara derap langlah kuda yang sering terdengar sampai kemunculan sosok menyerupai pocong dan kuntilanak. Hmm, kebayang kan kalo uji nyali di sini gimana?

Well, terlepas dari berbagai kisah menyerampan yang ada di Gua Belanda tersebut, kawasan Dago Pakar tetap indah dan menyenangkan untuk dinikmati. Kamu yang punya jiwa wisata mistis, berkunjung ke sini untuk menguji nyalimu boleh dicoba. Saran Mister sih, tetap jaga ucapan dan lisan saat di Gua Belanda ini, biar ggak diganggu “penunggu” di sana. Yang punya rencana weekend nanti, mungkin Bandung bisa jadi pilihan oke nih, buat liburanmu makin seru!

Komentar