17.Apr.2020

Cegah Covid-19, Operasional Bandara Soekarno-Hatta Dibatasi


Demi mencegah mata rantai penyebaran Covid-19, berbagai pihak mulai membatasi ruang gerak di area publik. Salah satunya dilakukan oleh pihak Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pembatasan operasional ini dilakukan pihak bandara di Terminal 1 dan 2.

0
0
0

 

Sumber: https://unsplash.com/s/photos/soekarno-hatta-international-airport%2C-indonesia

Dalam masa pandemi Covid-19 ini memang perlu adanya pembatasan sosial berskala besar, dan itu perlahan memang sudah dijalankan di beberapa provinsi, salah satunya di Jakarta. Nah, dalam pembatasan ini, pihak Bandara Internasional Soekarno-Hatta pun ikut melaksanakan pembatasan operasional, khususnya di Terminal 1 dan 2.

Mengingat bandara menjadi pintu utama keluar-masuknya para pendatang dari dalam maupun luar negeri, maka pembatasan operasional ini sudah dimulai sejak 1 April 2020. Keputusan pembatasan operasional ini juga mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020 jo SE Dirjen Perhubungan udara No.6 Tahun 2020.

Dari pembatasan operasional ini maka pelayanan penumpang di Terminal 1 hanya dilakukan pada Sub-Terminal 1A, karena Sub-Terminal 1B ditutup. Pelayanan operasional yang melalui Sub-Terminal 1A ini mencakup seluruh penerbangan domestik dengang menggunakan maskapai Lion Air, Trigana dan Airfast Indonesia.

 

Daftar Maskapai Pindah Ke Terminal 3 Soekarno-Hatta Jakarta

Sumber: https://javamilk.com/2018/03/29/Daftar-Maskapai-Pindah-Ke-Terminal-3-Soekarno-Hatta-Jakarta/

Sementara yang biasanya beroperasi di Terminal 2, pelayanan hanya menggunakan Sub-Terminal 2D dan 2E. Sementara untuk Sub-Terminal 2F ditutup dan untuk penerbangan internasional beralih ke Terminal 3. Walaupun pelayanan dialihkan ke Terminal 3, kegiatan Passenger Service Charge (PSC) akan tetap berlaku menggunakan PSC di Terminal 2F.

Untuk maskapai yang dialihkan dari Terminal 2F ke Terminal 3 di antaranya, Air Asia Bhd, Indonesia Air Asia, Jet Star Asia, Cebu Pacific, Fly Scoot, Lion Air, Batik Air, Malindo, Thai Lion, dan Citylink.

 

Puluhan Maskapai Internasional Pindah ke T3 Bandara Soekarno-Hatta

Sumber: https://phinemo.com/puluhan-maskapai-internasional-pindah-ke-t3-bandara-soekarno-hatta/

Kegiatan pembatasan operasional ini rencananya akan berlangsung hingga 29 Mei 2020. Jadi kalau kamu terpaksa pergi ke luar kota menggunakan pesawat dari bandara Soekarno-Hatta, pastikan tidak salah lokasi, ya. Tapi kamu juga nggak perlu khawatir kalau salah lokasi, karena pihak bandara menyediakan shuttle bus untuk antar kamu ke terminal yang sesuai.

Pembatasan operasional ini memang penting dilakukan melihat kondisi pandemi yang masih belum terlihat titik puncaknya di Indonesia, maka dari itu nggak menutup kemungkinan juga kalau masa pembatasan operasional ini akan diperpanjang. Tapi untuk saat ini, pembatasan masih hanya berlaku bagi bandara yang dikelola Angkasa Pura II, sementara bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I masih dalam pembahasan. Kita tunggu saja, semoga mencapai keputusan yang terbaik.

Komentar