27.Jul.2022

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik


 

0
0
0

Tempat Snorkeling di Bali - Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan keindahan bawah laut yang sangat eksotis. Hal ini memang sudah terkenal hingga kanca internasional. Seperti pulau pada umumnya, Bali dikelilingi oleh deretan pantai yang menawan. Di pantai tersebut, kamu bisa menemukan  beraneka ragam spot snorkeling dengan pemandangan kekayaan biota bawah lautnya.

Mumpung lagi musim kemarau, pas banget nih buat kamu Aladniners yang mau ke Bali dengan tujuan utama snorkeling ataupun diving. Hah? Emang kenapa paling pas itu musim kemarau sih Mister? Karena biasanya pas musim kemarau air laut akan lebih jernih dan terlihat jelas semua biota lautnya. Di bawah ini merupakan 10 tempat snorkeling di Bali terbaik dan paling ciamik.

13 Tempat Snorkeling di Bali Terbaik dan Paling Ciamik

  1. Pulau Menjangan

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Tempat snorkeling di Bali yang bernama Pulau Menjangan Bali ini sangat cocok untuk pemula yang baru mengenal dengan yang namanya snorkeling. Pulau Menjangan Bali ini berada di Desa Sumber Klampok, Gerokgak. Berdasarkan namanya “Menjangan” ini bisa berarti kijang. Namanya bukan tanpa alasan, soalnya di pulau ini memang kadang bisa ditemui rusa liar yang hidup disana. Destinasi snorkeling di Pulau Menjangan ini masih banyak dipenuhi oleh terumbu karang yang dijaga dan dilindungi. Biota laut yang ada di tempat snorkeling di Bali ramai dengan ikan warna-warni serta kura-kura.

 

  1. Nusa Penida

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Siapa yang tidak tahu Nusa Penida? Walaupun belum pernah ke Nusa Penida, setidaknya nama salah satu daerah ini populer di telinga masyarakat. Nusa Penida merupakan spot paling keren untuk snorkeling di daerah Bali timur. Terdapat dua spot terkenal yaitu Manta Point dan Crystal Bay, keduanya terletak di bagian selatan Nusa Penida dan sangat terkenal di kalangan para turis dan masyarakat Indonesia. Disebut Manta Point karena itulah lokasi dimana Manta Ray banyak ditemukan. Ketika menuju ke Crystal Bay, kamu akan menemui satu lagi ikan unik bernama ikan mola mola. Eits, ga Cuma itu, kamu juga bisa ketemu ikan nemo, marlyn, dory dan kawan-kawannya di Crystal Bay ini.

 

Artikel Terkait: Bercengkrama dengan Beragam Pantai di Nusa Penida Bali

 

  1. Tanjung Benoa

Hmm… yang ini juga ga kalah seru dan menarik nih Aladiners. Tanjung Benoa adalah salah satu tujuan snorkeling yang berada di daerah Bali selatan. Di tanjung Benoa kamu bisa menikmati tenangnya ombak serta arus ringan yang tidak terlalu kuat sehingga cocok bagi pemula. Kamu gak bisa berenang? Tenang aja, di sini kamu bisa coba seawalker. Dengan menggunakan helm kaca dan kamu akan dituntun oleh seorang penyelam professional hingga menuju ke kedalaman 6-7 meter. Gimana, gak bisa berenang? Tetap pada solusinya dong!

 

  1. Pemuteran

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Salah satu tempat snorkeling di Bali yang tidak kalah menarik adalah Pemuteran. Awalnya, Pemuteran adalah sebuah proyek konservasi terumbu karang yang dikelola oleh para warga di desa Pemuteran, Kabupaten Buleleng. Lokasi snorkeling ini terkenal dengan tanaman lautnya yang indah serta koralnya. Kamu juga bisa bertemu dengan berjuta biota laut seperti anemone, lobster, table corals, dan berbagai jenis ikan. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pemuteran adalah pagi hari, karena airnya akan sangat tinggi mulai dari siang hari sampai sore hari.

 

  1. Tulamben

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Mau snorkeling untuk pengalaman melihat bangkai kapal yang unik? Di Tulamben tempatnya. di Tulamben kamu akan snorkeling ditemani pemandangan bangkai kapal Amerika USAT Liberty yang karam pada tahun 1942. Kamu juga akan bertemu dengan beragam spesies ikan dan terumbu karang yang cantik. Tidak hanya kapal unik, kamu juga bisa Hewan unik yang bisa bertemu dengan ribbon eel, mimic octopus, boxer crabs, ghost pipefish, seahorse, leaffish, garden eel, lion fish dan harlequin shrimp.

 

BACA JUGA: Tempat Wisata di Bali yang Hits Selain Pantai Kuta

 

  1. Nusa Lembongan

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Wisata snorkeling satu ini terkenal di kalangan wisata mancanegara. Kenapa begitu Mister? Hal ini dikarenakan spot snorkeling di Nusa Lembongan ini merupakan lokasi bagi snorkeler profesional yang telah tersertifikasi (memiliki sertifikat resmi). Bagi kamu yang pemula juga bisa menikmati indahnya Nusa Lembongan kok. Terdapat 3 spot yang paling ramai dikunjungi wisatawan, yaitu Lembongan Bay, Mangroves dan Blue Corner.

 

  1. Lipah Bay

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Wisata snorkeling Lipah Bay ini adalah salah satu spot snorkeling dan diving yang terdapat di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Sama seperti Pantai Tumbelan, tempat ini juga menjadi lokasi tenggelamnya kapal patroli Jepang pada Perang Dunia II. Letak bangkai kapal tersebut tidak jauh dari Lipah Bay dan terdapat pada kedalaman 12 meter dari permukaan laut yang pastinya mempunyai pesona eksotisnya tersendiri untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin langsung menyaksikan saksi sejarah dan pemandangan laut yang menakjubkan.

 

  1. Gili Tepekong

Tempat snorkeling ini ialah sebuah pulau kecil yang tergabung dengan pulau lainnya yakni Mimpang dan Biaha. Namun tempat ini dikhususkan bagi penyelam yang cukup handal karena perairannya dihuni oleh ikan hiu dan bermacam-macam ikan besar lainnya. Di tempat ini juga kamu bisa dengan mudah menemukan ikan mola-mola dan pastinya penyelam dapat berinteraksi dengan ikan tersebut.

 

BACA JUGA: 10 Tempat Makan Gelato Paling Hitz di Bali

 

  1. Jemeluk Bay

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: ODYSSEY INDONESIA

Selanjutnya, ada lagi Pantai Jemeluk yang masuk dalam administrasi Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Spot snorkeling ini berada tidak jauh dari Pantai Amed dan Pantai Lipah, serta memiliki pemandangan bawah air yang tak kalah eksotis. Jemeluk ini menyajikan pemandangan terumbu karang keren, disertai berbagai ikan laut yang berwarna warni. Di sini ada pura yang sengaja ditenggelamkan oleh PT Pos Indonesia dan dinamakan “Submarine Mailbox”.

 

  1. Blue Lagoon

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Ombak yang ada di pantai Blue Lagoon ini cenderung tenang dan air laut di tepi pantainya tidak begitu dalam. Hal ini pun membuat tempat ini menjadikannya cocok bagi wisatawan pemula yang ingin snorkeling. Di bawah laut pantai ini, kamu bisa dengan mudah menemukan biota bawah laut seperti ikan sapi-sapi, morish idol, murray, kura-kura dan bahkan hiu karang atau reef shark. Blue Lagoon lokasinya ada di Bali timur. Letaknya di Kabupaten Karangasem, Bali. Ketika cuaca sedang dalam kondisi seperti biasa, air laut di sini sangat tenang sehingga cocok untuk snorkeling bersama keluarga. Pantai Blue Lagoon memiliki tekstur pasir yang besar dan kasar, berbeda dengan pantai tetangganya Padang Bai dan Bias Tugel.

 

  1. Pulau Serangan

[caption id="" align="alignnone" width="1280"]13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: FactsofIndonesia.com[/caption]

Ketika kamu sampai di Denpasar, kamu bisa langsung mencoba wistaa snorkeling yang ada Pulau Serangan. Di sini juga nggak kalah bagus dari spot snorkeling di Bali lainnya, lho. Pulau Serangan memiliki taman safari bawah laut yang menyuguhkan berbagai macam biota laut dan terumbu karang yang sangat indah.

 

  1. Lovina

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Pantai Lovina menawarkan pengunjung tempat yang tenang untuk bersantai tanpa melawan keramaian. Kamu bisa melihat beragam biota laut seperti terumbu karang, bintang laut biru, ikan zebra, dan sebagainya. Ketika snorkeling di Pantai Lovina, kamu juga bisa memberi makan ikan. Selain itu, sebelum atau setelah snorkeling, kamu bisa melihat lumba-lumba yang berenang dan berlompatan di laut pantai ini.

 

  1. Pantai Melasti

13 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Bali Paling Ciamik Sumber gambar: shutterstock

Pantai Melasti ini berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tepatnya berada di semenanjung bukit Ungasan. Walaupun ombak yang dimiliki dalam batas normal, tidak akan menghalangi kamu yang menyukai snorkeling. Kamu cuma perlu membawa alat snorkeling sendiri dan langsung bisa menikmati keindahan terumbu karang, ikan kecil berwarna-warni, pasir yang putih, serta laut biru yang tenang. Jika kamu pengen merasakan keindahan bawah laut di Bali, Kamu bisa memenuhi akomodasi liburanmu bersama Mister Aladin. Mulai dari hotel, tiket Pesawat, sampai tur dan aktivitas. 

 

BACA JUGA: 5 Spot Snorkeling Indah di Jogja yang Bikin Betah Nyelam Seharian

Komentar