15.Jun.2022

8 Destinasi Wisata Sekitar Mandalika, Ada Pantai Kuta Juga!


Destinasi Wisata Sekitar Mandalika – Siapa yang tidak familiar dengan Mandalika? Mandalika merupakan salah satu surganya wisata tropis yang terletak di ujung selatan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Beberapa waktu kemarin, nama Mandalika sangat populer dan ramai jadi perbincangan. Pasalnya, tempat ini dipilih sebagai wilayah sirkuit MotoGP 2022 dan telah menjadi lokasi balap sepeda motor kelas internasional.  

0
0
0

Euforia MotoGP Mandalika, Pembalap Kelas Dunia Berkompetisi juga Berwisata

Source: bisnisbanten.com

Tidak hanya sirkuitnya yang keren, Aladiners juga bisa menikmati keindahan berbagai destinasi wisata sekitar Mandalika seperti pantai dan bukit yang indah. Bisa dibilang bahwa hampir semua pantai-pantai di sini masih terjaga keasrian dan kebersihannya dengan hamparan laut biru dan pasir putih. Selain itu, wisata perbukitan air terjun, hingga desa adat di Mandalika juga menyajikan keindahan yang rugi jika dilewatkan.

8 DESTINASI WISATA SEKITAR MANDALIKA

  1. Pantai Seger

Keindahan Pantai Segar di Lombok | Indonesia Traveler

Source: indonesiatraveler

Pantai satu ini telah menjadi salah satu destinasi andalan di sekitar Pertamina Mandalika International Street Circuit. Destinasi Pantai Seger ini berada di Desa Sukadana, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai Seger menyimpan panorama pemandangan ke arah teluk dan samudera Hindia yang menawan. Lokasi pantainya masih terlihat bersih, asri, dan tenang ditemani dengan pasir putih yang dikelilingi oleh hijaunya perbukitan.

Tak cuma pemandangannya aja lho yang memukau Aladiners, tapi Pantai Seger juga dikenal sebagai spot yang cocok dan pas untuk berselancar. Ombak Pantai Seger ini cenderung tinggi dan keras sehingga menantang adrenalin wisatawan yang memang merupakan peselancar profesional. Peselancar lokal dan internasional pun sering berkunjung untuk mencoba berselancar di pantai ini.

  1. Pantai Kuta

Kuta Mandalika Lombok, Pantai Cantik Sarat Legenda | kumparan.com

Source: kumparan

Destinasi wsiata Pantai Kuta terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya sangat dekat dengan Bandara Internasional Lombok, sehingga dapat dengan mudah untuk dijangkau. Salah satu pantai terbaik di Mandalika ini menyajikan beragam pesona, seperti pantai yang membentang luas, ditemani deburan ombak tenang dan angin sepoi-sepoi. Ga cuma ombak yang tenang, pantai ini juga menyajikan pesona hamparan pasir yang bersih dan putih membentang luas sepanjang 7,2 kilometer. Pantai yang berhadapan langsung dengan Laut Lombok ini memiliki pasir putih yang lembut juga air jernih dengan warna biru kehijauan.

 

  1. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan: Permata Tersembunyi di Mandalika - Hibur.id

Source: hibur.id

Salah satu wisata pantai terbaik Mandalika ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 kilometer (km), dan dikelilingi perbukitan hijau menawan. Pantai ini memiliki dua jenis pasir yang membentang di sepanjang pantai. Jenis pertama adalah pasir halus seperti tepung dan jenis kedua adalah pasir bertekstur seperti merica pada bagian kiri pantai dekat bukit.

Di dekat kawasan Pantai Tanjung Aan ini, Aladiners bisa menemukan sebuah batu besar yang bagian bawahnya telah terkikis dan diberi nama Batu Payung. Bentuk Batu Payung ini unik karena bagian bawah lebih kecil daripada bagian atasnya. Aladiners bisa berteduh di bawah abut tersebut untuk menghindar dari panasnya sinar matahari.

  1. Bukit Seger

InfoPublik - Bukit Seger, Sajikan Pesona Alam dan Keanggunan Sirkuit  Mandalika

Source: infopublik

Aladiners akan dimanjakan dengan pemandangan alam dari Bukit Seger ini. Mulai dari pemandangan laut lepas hingga perbukitan hijau, semuanya bias dinikmati dari puncak bukit yang memiliki ketinggian sekira 150 mdpl ini. Bukit ini berada di Kabupaten Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

  1. Bukit Merese

Jangan Asal Naik, Ini Tips Mendaki Bukit Merese di Lombok | SUPERLIVE

Source: superlive.id

Bukit indah milik Mandalika ini berada di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Bukit Merese menyajikan bentangan pasir putih pantai Tanjung Aan yang berpadu dengan gradasi air laut berwarna biru kehijauan. Pada saat musim hujan, Aladiners bisa menikmati balutan rerumputan hijau. Sedangkan, pada musim kemarau, bukit ini berwarna cokelat nan eksotis lantaran dipenuhi dengan rumput kering.

  1. Pantai Sari Goang

Pantai Sari Goang: HTM, Rute, Foto dan Hal Menarik

Source: pantaipedia.com

Raja Ampat ada di Mandalika? Iya, betul sekali Aladiners. Pantai ini cocok menjadi pilihan destinasi terbaik karena pantai ini memberikan pemandangan alam yang sangat asri. Pantai ini berada di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, Desa Mertak, Lombok Tengah. Warna air laut di pantai ini cenderung biru kehijauan, dengan hamparan pasir putih kecokelatan. Selain itu, pada tengah pantai, terdapat pulau kecil berupa batu karang yang berlubang.

  1. Desa Wisata Sade dan Ende

Desa Wisata Sasak Ende Museum Hidup di Lombok | Travel Lombok

Source: eviindrawanto.com

Aladiners pengen lebih kenal dengan budaya Lombok? Yuk, berkunjung ke desa wisata ini. Desa Wisata Sade berada di daerah Rembitan dan Desa Wisata Ende berada di Desa Sengkol. Di dua desa wisata ini, Aladiners bisa langsung melihat ragam budaya dan tradisi dari Suku Sasak, seperti bangunan tradisionalnya sampai dengan kain tenun khas desa tersebut.

  1. Air Terjun Benang Kelambu

Jika Datang Ke Mataram Jangan Lupa Mampir Ke Air Terjun Benang Kelambu

Source: inakoran.com

Di bagian utara Lombok, terdapat air terjun yang sering dikunjungi wisatawan. Air terjun yang dimaksud berada di wilayah Lombok Tengah dan bernama air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini bersumber dari alur kawasan hutan kaki Gunung Rinjani yang mengalir ke bagian selatan dan tumpah tepat di bagian utara wilayah Kabuptaen Lombok Tengah.

BACA JUGA: 7 Fakta Unik Sungai Aare di Swiss

 

Komentar