Makanan khas Italia
13.Feb.2019

7 Makanan Khas Italia yang Nggak Kalah Enak dari Pizza


Makanan khas Italia emang punya kelezatan yang layak dicicipi dan diacungi jempol. Gimana nggak, di Indonesia aja udah banyak gerai makanan yang menyajikan makanan khas Italia ini, nggak heran orang-orang Indonesia pada doyan makanan Itali. Biasanya kita lebih mengenal makanan Itali itu cuma Pizza doang. Nah, kamu juga perlu tahu nih, beberapa makanan khas Italia yang nggak kalah enaknya sama Pizza. Apa aja? Nih Mister kasih tahu beberapa jenis makanan khas Italia yang nggak kalah populer dari Pizza. Dijamin bakal cocok untuk semua lidah!

0
0
0

Bruschetta Makanan Pembuka Khas Italia dengan Bahan Utama Roti

Makanan khas Italia

Sumber foto: https://supervalu.ie/real-food/cooking/recipe/trio-of-bruschetta

Buat yang sering icip-icip makanan khas Italia, pasti nggak asing dengan nama appetizer yang satu ini. Yup, Bruschetta adalah seiris roti dipotong diagonal, dipanggang bersama bawang putih hingga crispy dan sedikit kecoklatan permukaannya, terus dikasih topping potongan tomat, bawang bombay, lada, dan minyak zaitun di atasnya, yang sebelumnya udah dicampur terlebih dulu di dalam wadah lain. Nggak beda jauh sama pizza, bedanya, pizza diberi topping dulu sebelum dipanggang. Sementara Bruschetta dipanggang dulu baru diberi berbagai topping.

Panna Cotta, Makanan Khas Italia yang Manis dan Super Lembut

Makanan khas Italia

Sumber foto: https://www.bbc.co.uk/food/recipes/vanillapannacotta_87907

Kalo tadi ada hidangan pembuka, nah sekarang ada hidangan penutup khas Italia yang manis dan super lembut. Panna Cotta dibuat dari krim, susu, dan gula, pencampuran dengan gelatin yang didihkan dan disajikan dalam keadaan dingin. Panna Cotta biasanya disajikan dengan buah, saus atau caramel. Selain memiliki rasa yang lembut dan manis, dessert ini juga bagus untuk pencernaan. Selain itu, Panna Cotta juga bisa jadi penetralisir lidah kamu setelah menikmati berbagai hidangan khas Italia.

Pasta Carbonara yang Juga Jadi Favorit di Indonesia

Makanan khas Italia

Sumber foto: https://realfood.tesco.com/recipes/spaghetti-carbonara-with-roast-ham.html

Salah satu makanan khas Italia yang paling digemari selain pizza juga ada spaghetti, dan pasta carbonara inilah yang jadi favorit. Carbonara dimasak bersama saus carbonara bercampur sama potongan daging, keju, telur, garam, dan minyak zaitun. Ciri khas pasta carbonara ini adalah krim kentalnya yang membuat rasa pasta tersebut jadi beda. Resep makanan ini juga mudah dicari dan cukup gampang dipraktikkan di rumah, lho!

Baca juga : Pasta yang Dibuat Khusus oleh Para Perempuan Single

Lasagna Lembaran Tipis Mirip Keju Slice yang Diberi Isian Daging dan Sayuran

Makanan khas Italia

Sumber foto: https://sanremo.com.au/recipes/traditional-lasagna/

Kalo selama ini kamu mengira pasta itu cuma spaghetti dan macaroni doang, kayaknya kamu salah besar karena lasagna juga tergolong ke dalam kelompok hidangan pasta. Bahkan, lasagna merupakan makanan tradisional yang sangat terkenal di Italia. Lasagna terbuat dari pasta berlapis berisi daging, saus bolognese, keju mozzarella, sayuran dan bisa juga makanan lain sesuai selera. Lalu disusun dan dipanggang ke dalam oven. Dengan perpaduan rasa dari berbagai bahan makanan, lasagna menjadi makanan yang kaya cita rasa sekaligus lezat dan nikmat, yang akan membuat siapa saja ngiler saat melihatnya.

Risotto Nasi Khas Italia yang Rasanya Unik

Makanan khas Italia

Sumber foto: https://www.simplyrecipes.com/recipes/shrimp_risotto/

Kamu suka makanan Italia tapi pengen ada nasi-nya juga? Tenang, di Italia juga ada Risotto yang dibuat dengan cara menumis bawang putih dan bombai. Setelah itu memasukkan beras khas Italia dan kuah kaldu hingga mengental serta nasi menjadi lembut. Tekstur Risotto ini basah dan lengket. Biasanya dimakan bersama daging atau sayur agar rasanya semakin lezat. Risotto juga memiliki ciri khas dengan warna kuningnya yang dipadu dengan rasa yang creamy dan gurih.

Pecinta Manis Pasti Bakal Jatuh Cinta Sama Kue Tiramisu Khas Italia Ini

Makanan khas Italia

Sumber foto: https://www.simplyrecipes.com/recipes/how_to_make_classic_tiramisu/

Pastinya udah pada tau dong sama kue yang satu ini? Ternyata Tiramisu merupakan kue khas dari Italia. Selain Panna Cotta, Tiramisu juga merupakan makanan penutup khas Italia yang dibuat tanpa dimasak atau dipanggang. Tiramisu sendiri terbuat dari biskuit yang direndam dalam larutan kopi dan keju, kemudian disusun berlapis lalu diberi krim dan taburan cokelat di atasnya. Tiramisu ini juga dikenal karena adanya perpaduan rasa kopi di dalam tekstur kue yang lembut dan manis. Nah, buat kamu pecinta manis pasti bakal jatuh cinta dengan rasa Tiramisu ini.

Gelato yang Juga Begitu Populer di Indonesia

Makanan khas Italia

Sumber foto: https://www.hunterhunter.com.au/newcastle/popolo-artisan-gelateria

Ada yang udah pernah coba gelato? Di Indonesia, gelato juga sudah mulai banyak digemari lho! Buat para penggemar ice cream, tentu udah gak asing lagi sama gelato. Ya, makanan khas Italia ini dibuat dengan susu, krim, gula dan dicampur olahan berbagai jenis buah segar dan memang sangat mirip dengan ice cream. Di Italia, gelato memang disebut es krim, tapi sebenernya gelato berbeda dari es krim pada umumnya. Karena gelato mengandung lemak lebih rendah, tekstur lebih padat dengan rasa susu yang kuat, juga tersedia dalam berbagai macam rasa.

Nah itu dia list makanan khas Italia yang nggak kalah enak dari pizza dan wajib kamu coba, atau, malah di antara makanan di atas udah ada yang jadi favorit kamu, nih?

 

Komentar