29.Apr.2015

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Raja Ampat


 

0
0
0

Aladiners, kamu pernah pergi ke Raja Ampat di Papua Barat? Tahukah kamu kalau Raja Ampat ternyata ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penyelam asal Belanda di tahun 1990? Max Au datang ke tempat ini untuk mencari bangkai-bangkai pesawat dan kapal Perang Dunia II yang karam di sini. Dan ternyata bukan cuma puluhan bangkai kapal dan pesawat yang dia temukan, tapi juga kekayaan bawah laut yang... ah, Aladiners juga tahu deh cantiknya seperti apa. Tapi, karena katanya biaya yang dibutuhkan terbilang mahal, makanya belum banyak turis lokal yang berkunjung ke sini. Wah, sayang sih kalau kamu belum pernah ke destinasi wisata yang ada di Timur Indonesia ini. Biaya yang harus kamu keluarkan itu besarnya relatif, tapi kalau wajibnya kamu buat datang ke sini tidak bisa ditawar! Kenapa? Nih, Mister Aladin kasih tahu alasannya.

 

1. Biota Bawah Laut Terkaya di Dunia

Sumber: goodnewsfromindonesia.com

Masa, sih? Raja Ampat itu punya 540 spesies terumbu karang atau 75% dari jumlah spesies koral yang ada di seluruh dunia lho! Selain itu, setidaknya ada 1.700 spesies moluska dan 1.500 spesies ikan mulai dari yang sebesar kuku sampai sebesar bus yang bisa kamu temui di sini. Kita juga patut bangga karena Indonesia masuk ke dalam area coral triangle (surganya terumbu karang) dunia yang meliputi Indonesia, Malaysia, Timor Leste, Filipina, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Dan ternyata dari seluruh negara tersebut, Indonesia lah yang paling kaya dengan biota lautnya yang ada di kawasan ini, selain Derawan, Wakatobi, dan Pulau Komodo. Keren, ya!

 

2. Masih Banyak Pulau "Perawan"

Sumber: authentic-indonesia.com

Dari 610 pulau yang ada di kawasan Raja Ampat, ternyata kebanyakan tidak berpenghuni, lho. Kesadaran masyarakat setempat, wisatawan yang berkunjung dan pemerintah, membuat Taman Nasional Raja Ampat masih sangat terjaga kelestarian dan keindahannya. Jangan harap deh kamu bisa diving masal bareng puluhan divers lainnya dalam waktu yang bersamaan di sini. Bahkan penyelam juga tidak diperbolehkan untuk mengambil foto bawah air menggunakan lampu kamera, karena takutnya bisa merusak terumbu karang.

 

3. Pemandangan Super Cantik

Sumber: expedia.com

Yang ini sih tidak perlu dijelaskan lagi, deh. Lihat saja pemandangan dari atas Bukit Wayag ini.

 

4. Ada Danau dengan Ubur-Ubur yang Tidak Menyengat

Sumber: liveaboardindonesia.com

Selama ini, mungkin kamu cuma tahu kalau danau dengan stingless jellyfish itu adanya di Derawan (Danau Kakaban). Tapi ternyata Raja Ampat juga punya, lho. Dan bukan cuma ada 1, tapi sekaligus 5! Namun, karena akses menuju danau-danau tersebut sangat sulit, makanya baru ada 2 danau yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya ada di Kepulauan Misool. Yuk, ke sana!

 

5. Flora & Fauna yang Kaya

Sumber: kumparan.com

Bukan cuma bawah lautnya saja yang kaya, lihat juga dong apa yang dimiliki oleh hutan-hutannya. Ada beragam jenis burung khas Indonesia timur yang berwarna-warni, seperti Kakatua, Maleo, Nuri, dan Cendrawasih. Tahu juga dong kalau Papua itu surganya anggrek. Makanya jangan heran kalau kamu merasa seperti berjalan di tengah dunia fantasi yang berwarna-warni selagi berkunjung ke Raja Ampat!

 

Komentar