Tentang Balikpapan


Balikpapan tercatat sebagai kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Hal itu dikarenakan kota ini memiliki sumber daya alam minyak yang melimpah, serta perkebunan kelapa sawit yang banyak. Tak heran jika kota ini memiliki penghasilan bruto hingga Rp79,65 triliun.

Di balik kekayaan alamnya yang melimpah, Balikpapan menyimpan pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata budaya hingga wisata kuliner semuanya ada!

Tempat Wisata di Balikpapan


Selayaknya wilayah-wilayah lain di Indonesia, Balikpapan juga kaya akan budaya dan sejarah yang cocok untuk dikunjungi saat berlibur.

MONPERA (Monumen Perjuangan Rakyat)


Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan ini diresmikan pada hari Kamis, 16 November 1995. Memiliki patung seorang prajurit dayak (terbuat dari kayu ulin) yang memegang bendera di depan kolam ikan mujair.

Tugu Australia


Tugu yang berada di pusat kota ini dibangun oleh Pemerintah Australia untuk memperingati pasukan divisi VII Australia yang gugur menghadapi pasukan Jepang pada saat Perang Dunia II. Ada sekitar 270 orang tentara Australia yang gugur pada saat itu. Tugu yang didominasi dengan warna putih dan merah bata ini dikelilingi dengan beraneka macam tanaman bunga.

Tugu Adipura


Meskipun wilayahnya berada di pesisir Kalimantan, Balikpapan meraih Piala Adipura dari pemerintah atas kebersihan kotanya. Untuk memperingati hal tersebut, pemerintah membangun taman tugu ini di tengah kota dan dimanfaatkan warga sebagai tempat bersantai.

Jangan lewatkan keindahan alam di Balikpapan. Ada banyak sekali wisata alam yang bisa kamu kunjungi!

Hutan Bakau Margomulyo


Hutan ini terletak dekat dengan pusat kota dan menjadi habitat aneka burung, ikan, dan bahkan ada hewan endemik asli Indonesia, Bekantan, lho! Kamu tidak dipungut biaya untuk masuk dan berfoto-foto di hutan ini alias gratis!

Pantai Kemala


Pantai ini selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena letaknya yang strategis di pusat kota. Kamu bisa makan beraneka seafood yang fresh di pantai ini sembari menikmati indahnya pasir putih dan ombak.

Danau Cermin


Kejernihan air danau ini menjadi buah bibir di kalangan wisatawan. Danau yang memiliki nama asli Danau Rawamangun ini menjadi destinasi wisata alam terfavorit di Balikpapan saat ini. Akses dari pusat kota ke lokasi ini sekitar 26 kilometer atau kurang lebih 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Kampung Atas Air


Kampung ini menjadi bukti keberhasilan pemerintah setempat menyulap kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertata rapi hingga mendapat penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan Award 2013 lalu. Seluruh rumah di kampung ini berada di atas jembatan yang terbuat dari kayu ulin.

Penangkaran Buaya Tertitip


Penangkaran buaya ini memiliki jumlah buaya paling banyak di Kalimantan Timur. Ada dua jenis buaya langka yang bisa kamu temukan di sini, yaitu buaya air tawar (crocodylus siamensis) dan buaya supit (tomistoma segellly). Ribuan buaya yang ada di sini ditangkar dalam puluhan kandang di area seluas 5 hektar di Kelurahan Tertitip.

Bukit Alpha


Meskipun lokasinya berada di Tempat Pembuangan Sampah Akhir, bukit satu ini menjadi tempat yang ramai dikunjungi wisatawan untuk berfoto. Pemandangannya yang dipenuhi ilalang dan rumput hijau menjadikan lokasi ini wajib didatangi saat kamu berkunjung ke Balikpapan.

Theme park-theme park di Balikpapan tak kalah seru untuk dikunjungi bersama keluarga. Beberapa di antaranya adalah:

Caribbean Island Water Park


Water park satu ini memiliki luas area yang sangat besar hingga menjadi yang terbesar di Indonesia bagian timur. Selain bisa berenang, kamu bisa menikmati pertunjukkan air di panggung terbuka dan bermain flying fox.

Aquaboom BSB


Taman air ini menjadi yang paling baru di Balikpapan. Berlokasi di lantai 7 gedung Nicopolis South Tower Astara, wahana permainan air ini memiliki 3 seluncuran air yang seru.

Puas berkunjung ke tempat wisata, jangan lupa cicipi kuliner khas Balikpapan, seperti:

Mantau


Roti lembut ini merupakan hasil akulturasi dari kuliner khas Tiongkok, tak heran jika bentuknya mempunyai bentuk mirip bakpao. Bedanya, jika bakpao biasa berisikan daging, cokelat, ataupun isian lain, roti mantau tidak berisi apa-apa, murni cuma roti biasa dari olahan tepung terigu dengan tekstur dan rasa yang lembut.

Bubur Gunting


Bubur yang terbuat dari bahan campuran tepung ketan, air kapur sirih, garam, dan air daun suji ini memiliki bentuk yang panjang. Agar mudah dikonsumsi, adonan tersebut digunting dan dimasak dalam rebusan santan, garam, dan gula merah.

Pisang Gapit


Camilan asli Balikpapan ini terbuat dari bahan baku berupa pisang gepok. Pisang gepok mula-mula dibakar di atas bara api dari arang. Setelah setengah matang, pisang dijepit dengan alat yang terbuat dari kayu untuk kemudian dibakar kembali hingga matang sempurna. Pisang yang sudah matang disajikan dengan kuah kecokelatan beraroma nangka yang terbuat dari paduan gula merah, santan, dan potongan nangka.

Sebelum pulang, sempatkanlah mampir ke pusat oleh-oleh di wisata belanja ini:

Pasar Inpres Kebun Sayur


Pasar yang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati ini menyediakan aneka macam benda khas Kalimantan seperti aksesoris (gelang, cincin, anting), kerajinan khas Dayak, sampai beragam jenis batu mulia. Untuk menuju pasar ini, kamu cuma butuh waktu sekitar 15 menit aja dari pusat kota.

Kawasan Nusantara


Kawasan ini berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Di kawasan ini ada banyak pedagang yang menjajakan bahan makanan atau camilan khas Balikpapan.

Beruang Madu


Nama toko ini berasal dari hewan beruang madu yang merupakan nama satwa langka dan dilindungi di Balikpapan. Toko ini menjual produk khas Balikpapan yang terbuat dari bahan tekstil, seperti baju kaos dan batik khas Balikpapan. Selain itu, sejumlah kerajinan tangan khas Kalimantan seperti patung juga bisa didapatkan di toko ini.

Rumah Kreatif Balikpapan (RKB)


Tempat yang terletak di Jalan Wiluyo Puspoyudho ini menjual aneka produk kerajinan tangan dari pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan industri rumah tangga di Kota Balikpapan. Selain itu, RKB membantu memasarkan produk dari warga berkebutuhan khusus di Balikpapan di antaranya tas, baju dan kain batik.

Balikpapan menawarkan berbagai festival yang dapat kamu nikmati.

Festival Mahakam


Festival ini diselenggarakan untuk mempromosikan Sungai Mahakam. Diisi dengan perlombaan menyeberangi Sungai Mahakam, balap perahu tambangan, power boating, perahu dompeng, lomba balap perahu naga, dan jet ski.

Festival Menyambut Ulang Tahun Balikpapan


Biasanya kota ini menggelar 2 acara untuk merayakan hari jadinya, seperti Pesta Laut di pantai Manggar Segara Sari dan Karnaval Budaya di Jalan Jenderal Sudirman.

Festival Borneo


Acara dua tahunan yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kalimantan Timur ini dimaksudkan sebagai promosi untuk kepariwisataan wilayah se-Kalimantan.

Informasi Hotel di Balikpapan


Kota yang kaya akan sumber daya alam dan wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Hal tersebut telah didukung dengan beragam akomodasi yang mampu menunjang pariwisata Kota Balikpapan.

Ada banyak pilihan hotel yang dapat kamu pilih sesuai dengan budget dan gaya liburanmu. Mulai dari hotel bintang empat hingga hotel bintang dua tersedia dengan banyak pilihan harga. Mau lebih murah? Cek di Mister Aladin dan dapatkan promo serta diskon menariknya!
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point