Tentang Hong Kong


Tahukah kamu jika kota satu ini merupakan “negara di dalam negara”? Hongkong merupakan negara semimerdeka dengan nama resminya Hong Kong Special Administrative Region. Negara ini tadinya dikuasai oleh Inggris dan pada akhir 1997 dikembalikan ke Tiongkok dengan status satu negara dua sistem, di mana Hong Kong memiliki sistem negara sendiri, mulai dari bendera, mata uang (Hong Kong Dollar atau HKD), hingga paspor.

Meskipun luas wilayahnya kecil dan kerap dibandingkan dengan Singapura sebagai negara yang sama-sama kecil, berpenduduk padat, dan akomodasinya mahal, Hong Kong dikenal sebagai kota gemerlapnya Asia yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit serta menjadi pusat bisnis, perdagangan dunia, fashion, dan industri perfilman di Asia. Karena itulah Hong Kong sangat menarik untuk dikunjungi dan kamu tidak perlu kesulitan berkomunikasi selama di Hong Kong karena warganya biasa berbahasa Inggris.

Tempat Wisata di Hong Kong


Agama utama yang dianut oleh warga Hong Kong adalah Buddha. Makanya banyak sekali kuil-kuil yang memiliki patung Buddha yang besar. Pastinya menarik banget buat kamu kunjungi.

Kuil Wong Tai Sin


Kuil ini terkenal sebagai tempat untuk pengakuan dosa di hadapan sang penguasa alam. Selain itu, kuil ini juga terkenal karena ramalannya. Untuk menuju ke sini, kamu harus berhenti di MRT Stasiun Wong Tai Sin dan jalan kaki sekitar 3 menit dari exit B2.

Hong Kong Heritage Museum


Museum ini memiliki enam galeri permanen yang memamerkan seni, sejarah, dan budaya. Di museum ini terdapat ruangan untuk salah satu budaya Hong Kong yang terkenal, yakni Opera Kanton. Akses menuju museum ini cukup mudah, cukup naik MRT turun di East Tsim Sha Tsui Station Exit P2 dan jalan kaki 10 menit sepanjang Chatham Road.

Patung Buddha Besar


Di Pulau Lantau yang merupakan pulau terbesar di Hong Kong, terdapat patung Buddha Besar yang sangat terkenal. Terbuat dari perunggu, patung Buddha Besar memiliki mata, bibir, sudut kepala, dan tangan kanan yang diangkat untuk memberkati semua. Untuk menuju ke sini, kamu harus turun di stasiun MRT Tung Chung exit B dan nyambung naik cable car, setelah itu berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit.

Menara Jam


Menara setinggi 44 meter ini didirikan pada 1915 sebagai bagian Stasiun Kereta Kowloon-Canton. Meskipun stasiun ini tak lagi beroperasi, menara yang terbuat dari bata dan granit ini dipelihara sebagai Monumen Bersejarah.

Meskipun kotanya dipenuhi oleh gedung-gedung pencakar langit, Hong Kong tetap memiliki tempat wisata alam yang ramai menjadi tujuan para wisatawan.

Victoria Peak


Tempat satu ini berada di pegunungan setinggi 522 meter. Kamu dapat menikmati keindahan kota Hong Kong dari atas. Di hari Sabtu kamu akan menjumpai berbagai bazaar dan aktivitas. Area ini juga sering digunakan warga Hong Kong untuk berolahraga atau jogging, lho.

Victoria Bay


Pelabuhan terbesar di China ini dimiliki oleh Hong Kong. Pemandangannya yang indah membuat Victoria Bay kerap menjadi spot wajib untuk berfoto bagi para wisatawan.

Repulse Bay


Hong Kong juga memiliki pantai cantik yang sayang jika dilewatkan. Pasirnya berkilauan dan gulungan ombaknya yang tak terlalu tinggi, serta keindahan panorama pemandangannya membuat pikiran tenang.

Hong Kong memang terkenal akan wisata theme park nya yang mendunia, seperti:

Madame Tussauds


Museum berisi patung lilin dari tokoh-tokoh penting di dunia ini menjadi salah satu tempat favoritnya para wisatawan di Hong Kong. Oh iya, lokasi museum ini berdekatan, lho, dengan Victoria Peak. Cuma beda lantai!

Disneyland Hong Kong


Di tempat yang sering disebut sebagai The Happiest Place on Earth ini, pengunjung dapat melihat gabungan budaya China serta adat istiadat dan tradisinya. Nikmati bermain bersama keluarga ditemani tokoh-tokoh Disney di wahana bermain indoor maupun outdoor.

Avenue of Stars


Industri perfilman Hong Kong membawa nama baik Asia untuk dapat bersanding dengan film-film Hollywood. Karena itulah para seniman yang telah berkontribusi diabadikan di tempat ini. Untuk menuju lokasi ini, kamu harus turun di stasiun MRT East Tsim Sha Tsui, dan keluar di exit P1.

Selain sebagai tujuan wisata, Hong Kong juga terkenal akan surganya para pecinta belanja.

Ladies Market


Pasar satu ini diberi nama demikian karena para pedagang banyak yang menjual perlengkapan wanita, mulai dari pakaian, aksesoris, dan suvenir (bisa ditawar!), hingga jam tangan, kosmetik, tas, perabotan rumah, dan CD.

Causeway Bay


Surganya belanja di Hong Kong berada di tempat satu ini. Setidaknya kamu butuh satu hari penuh untuk berbelanja di mal, department store, butik, dan kios-kios pasar yang berkumpul menjadi satu di sini.

Jangan lewatkan kunjunganmu ke Hong Kong tanpa mencicipi jajanan khasnya. Mulai dari dim sum, egg tart, dan egg waffle.

Buat kamu yang mau menikmati serunya dunia malam di Hong Kong, jangan lupa kunjungi CÉ LA VI Bar & Restaurant, Dragon-I, dan Volar. Dijamin bakal bikin liburanmu tambah seru!

Selain kaya akan tempat wisata, Hong Kong juga memiliki beragam festival menarik untuk para wisatawan.

Tari Naga Api Tai Hang


Awalnya kawasan Tai Hang terkena wabah penyakit yang mematikan. Wabah tersebut kemudian dibasmi oleh para warganya dengan melakukan Tari Naga Api (Fire Dragon Dance) dan membakar petasan. Karena terbukti ampuh, tradisi tersebut terus dijalankan hingga sekarang.

Festival Perahu Naga


Perahu naga berkumpul dalam sebuah upacara sebagai bagian dari perayaan untuk menandai Festival Tuen Ng atau Dragon Boat tahunan di Aberdeen, Hong Kong.

Festival Seni dan Musik Clockenflap


Festival legendaris ini menggabungkan musik, seni, dan kuliner untuk menjaring para wisatawan.

Festival Seni Tematis Musim Gugur


Festival ini menampilkan sederet pertunjukan lintas budaya yang inovatif dan pameran kreatif keragaman daerah dan etnis.

Informasi Hotel di Hong Kong


Meskipun wilayahnya kecil, Hong Kong menawarkan banyak lokasi wisata menarik untuk dikunjungi. Akomodasi yang ada di Hong Kong pun memadai karena banyak transportasi umum dan hotel-hotel murah.

Dari bintang hotel 5 hingga hotel bintang dua ada di Hong Kong dan dapat kamu pilih sesuai dengan budget dan gaya liburanmu. Ingin dapatkan harga yang lebih hemat? Cek di Mister Aladin, ya!
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point