Tentang Bandung


Lebih dari 100 tahun lalu, Bandung masih berupa kampung tradisional yang dipandang sebelah mata oleh daerah lain. Baru sekitar pada 1906, Bandung secara resmi mendapat status ?kota? dari Gubernur Belanda saat itu.

Sejak saat itu, Bandung mulai tumbuh menjadi kota penting hingga menjadi ibu kota Provinsi Jawa Barat. Pada masa penjajahan, lewat peristiwa Bandung Lautan Api, kota ini dibakar agar tidak direbut penjajah. Kini, Bandung modern menyimpan sejuta sejarah yang diwariskan melalui situs-situs bersejarah yang ada. Untuk mengisi liburan kamu, Bandung juga memiliki daya tarik lain yang tak kalah populernya.

Tempat Wisata di Bandung


Ada banyak destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi di Bandung. Selain bisa belajar sejarah Bandung, kamu juga bisa berfoto, lho, di spot-spot instagrammable-nya!

Gedung Merdeka


Gedung Merdeka adalah tempat diadakannya Konferensi Asia-Afrika di tahun 1955. Dulunya gedung ini bernama Gedung Concordia, namun diganti nama oleh Bung Karno setelah konferensi.

Observatorium Boscha


Meski termasuk salah satu observatorium tertua di Indonesia, situs ini masih beroperasi dan menjadi objek wisata yang bisa dikunjungi tiap hari, asalkan kamu mendaftar terlebih dahulu.

Museum Geologi


Museum ini menyimpan dokumen-dokumen penting berisi temuan geologi seperti batu, mineral, dan fosil yang ada di Indonesia. Pengunjung dapat mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dengan benar, dan cara mengolah energi.

Masjid Raya Bandung


Masjid ini memiliki taman yang luas dan dikenal sebagai alun-alun Bandung. Selain bisa beribadah, kamu juga bisa bersantai bersama teman di taman alun-alun dan menikmati beragam jajanan dan permainan tradisional lainnya.

Kebun Binatang Bandung


Tahukah kamu kalau kebun binatang ini sudah berdiri sejak 1930? Lokasinya yang berada di pusat Kota Bandung menjadikan kebun binatang ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Museum Barli


Jika kamu ingin melihat karya maestro lukis Barli Sasmitawinata dari masa ke masa, museum ini adalah jawabannya. Selain sebagai ruang pameran, museum yang kini dikelola secara mandiri oleh keturunan Barli ini kerap menyelenggarakan kelas menggambar yang bisa diikuti oleh siapa saja.

Saung Angklung Udjo


Saung Angklung Udjo merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda khususnya angklung.

Chinatown


Wisata kampung terbaru ini menyajikan beragam spot instagrammable khas Negeri Tirai Bambu. Kamu tidak cuma bisa belajar sejarah masuknya etnis Tionghoa ke Indonesia, tapi juga melihat barang-barang antik khas China serta berbelanja dan makan makanan khas China.

Selain kaya akan wisata sejarah, wisata alam di Bandung tak kalah cantik, lho!

Kawah Putih


Kawah putih merupakan fenomena alam yang pastinya sangat menarik buat kamu. Sangat jarang ada kawah yang bisa didekati langsung tanpa takut terasa panas seperti di sini.

Situ Patenggang


Danau ini cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan dan kesendirian. Situ Patenggang memiliki semua yang diperlukan untuk menikmati alam dan menyatu dengannya.

Tangkuban Parahu


Gunung api yang mengeluarkan lava dan belerang ini kental hubungannya dengan legenda masyarakat setempat, yakni Sangkuriang. Sangkuriang dikisahkan sebagai pemuda tampan yang perkasa, namun jatuh cinta pada ibu kandungnya sendiri, Dayang Sumbi. Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Taman Hutan Raya Juanda


Hutan ini merupakan kawasan konservasi. Rindangnya pepohonan yang ada di taman hutan ini kerap menjadi tujuan wisata favorit. Tak hanya itu, ada juga 2 goa bersejarah di kawasan ini, yakni Goa Belanda dan Goa Jepang.

Curug Maribaya


Ada banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari menikmati pemandian air panas, menyaksikan air terjun alami, hingga bersantai dengan pemandangan pohon-pohon rindang yang asri.

Ranca Upas


Tempat wisata satu ini menjadi tujuan yang tepat untuk kamu yang ingin berkemah dengan fasilitas dan pemandangan yang kece! Ranca Upas juga menjadi kawasan hutan lindung dan tempat konservasi berbagai macam flora langka endemik Jawa Barat seperti jamuju, huru, hamirug, kihujan, kitambang serta aneka fauna seperti rusa.

Tebing Keraton


Dari tebing ini, kamu bisa melihat jalur patahan Lembang, hutan yang lebat dan kabut yang tebal.

Stone Garden


Tempat ini adalah pertambangan gunung kapur yang sangat produktif. Saking produktifnya, Gunung kapur ini kini terpecah-pecah menjadi bukit-bukit kecil yang dikelilingi pohon-pohon rindang. Pastinya keren abis, deh!

Kebun Bunga Begonia


Kebun bunga yang diresmikan oleh Ridwan Kamil sejak 2013 lalu ini menjadi salah satu kebun bunga yang wajib kamu kunjungi jika ke Bandung! Ada banyak jenis bunga-bunga cantik yang ditanam di sini, seperti bunga melampodium, salvia, celosia, dan geranium.

De? Ranch


De? Ranch merupakan tempat yang asyik jika dikunjungi bersama keluarga. Kamu bisa menaiki kuda atau bersantai melihat pemandangan yang asri sambil nyemil jajanan yang dijual.

Farmhouse Susu Lembang


Tempat yang baru dibuka tahun 2015 lalu ini mengusung konsep peternakan ala Eropa. Selain dapat berfoto-foto di bangunan-bangunan berbentuk unik, kamu juga bisa bermain dengan hewan-hewan ternak yang ada di sana. Ada rumah Hobbit juga, lho!

Selain wisata sejarah dan alam, Bandung juga terkenal akan theme park-nya yang seru, seperti:

Trans Studio Bandung


Taman hiburan di yang terletak di kawasan yang dulunya dikenal dengan nama Bandung Supermal ini merupakan yang terbesar dan terlengkap di Kota Bandung.

Amazing Art World


Tempat wisata terbaru di Bandung ini berbentuk museum 3 dimensi. Kamu bisa bergaya selepas mungkin dan menyatu dengan lukisan-lukisan keren yang jadi latar belakangnya.

Saat ke Bandung, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas kota ini.

Siomay dan Batagor


Makanan yang paling dicari sesaat setelah sampai di Bandung adalah siomay dan batagor. Rasa siomay dan batagor khas Bandung tentunya berbeda dengan siomay dan batagor di tempat lain.

Peyeum


Makanan satu ini kembarannya tape. Namun cara pembuatannya yang berbeda membuat cita rasa makanan ini tak kalah lezat dengan tape. Udah gitu peyeum biasa disajikan dengan berbagai macam topping, seperti keju dan coklat.

Cireng


Pemilik kepanjangan aci (tepung) digoreng ini terus mengalami perkembangan. Sekarang cireng memiliki varian bahan yang lebih beragam, seperti tepung kanji, tepung terigu, merica, garam, air, daun bawang, kedelai, dan minyak goreng.

Nasi Kalong


Memiliki menu favorit unik berupa nasi hitam, restoran ini menawarkan lebih dari 20 jenis lauk berbeda untuk menemani santap malam kamu.

Kampung Daun


Restoran ini menghadirkan suasana perdesaan yang asri dan romantis dengan efek pencahayaan pada malam hari. Kampung Daun menyediakan berbagai makanan khas Bandung seperti batagor, iga bakar, dan nasi timbel.

Floating Market Lembang


Ingin menghirup udara segar dan merasakan dinginnya Lembang sambil makan-makan jajanan khas Bandung? Yup, Floating Market Lembang ini jawabannya!

Sebelum pulang, mampir dulu ke pusat perbelanjaan di Bandung!

Paris Van Java Mall


Mall berkonsep open air ini menyimpan segudang merek pakaian lokal dan internasional yang bisa kamu pilih untuk menambah koleksi pakaian kamu. Mal ini juga dilengkapi deretan restoran berkualitas, sehingga cocok untuk keluarga.

Cihampelas Walk


Cihampelas Walk atau ciwalk dikenal sebagai sentra celana jeans. Buat kamu yang doyan celana jeans, wajib mampir ke tempat ini.

Pasar Gedebage


Buat kamu yang gemar berbelanja barang bekas tapi berkualitas, tempat ini adalah surganya! Meski harga-harga yang dijual sangat murah, kamu tetap harus pandai menawar, ya

Pasar Cibaduyut


Kalau pasar yang ini terkenal sebagai produsen tas dan sepatu berbahan kulit asli. Semua produk yang dihasilkan di pasar ini terkenal akan kekuatan dan keawetan produknya, serta harganya yang terjangkau.

Di Bandung juga ada festival-festival menarik yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa di antaranya adalah

Bandung Air Show

yang menjadi ajang unjuk gigi para pilot dalam kemahirannya mengendarai pesawat dan

Braga Festival

yang menjadi ajang pertunjukkan seni dan pameran hasil kerajinan tangan serta beragam jajanan khas Bandung.

Informasi Hotel di Bandung


Rata-rata hotel di Bandung memiliki kualitas yang sangat baik. Bahkan, hotel murah di kota ini pun memberikan layanan yang prima, jadi kamu tak perlu khawatir kenyamanan selama berada di sana. Jika berlibur bersama keluarga, ada banyak pilihan penginapan murah di Bandung yang harganya sangat terjangkau.

Semua hotel dari berbagai jenis dan tipe bisa di-booking lewat Mister Aladin. Ada banyak pilihan hotel di Bandung yang lengkap dengan review dan informasi yang bisa kamu lihat di sini. Terbayang, kan, asyiknya berlibur di Bandung? Yuk, ajak keluarga dan teman terdekat menghabiskan waktu bersama di Kota Kembang ini.
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point