Tentang Palembang


Palembang adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Hal tersebut dikarenakan Palembang memiliki luas wilayah terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan. Tak heran jika pusat pemerintahan dan bisnis di Sulawesi Selatan berpusat di Palembang.

Keindahan Kota Palembang tak hanya menarik wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara. Saking indahnya, Palembang bahkan disejajarkan dengan Venice, kota cantik di Italia, oleh para turis asing.

Tempat Wisata di Palembang


Banyaknya destinasi wisata sejarah di Palembang, akan membuat kamu jatuh cinta sama kota satu ini. Tidak percaya? Simak, yuk, di bawah ini.

Jembatan Ampera


Palembang dibelah menjadi 2 oleh Sungai Musi. Karena itulah di wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir dibangun jembatan megah bernama Ampera. Jembatan inilah yang menjadi ikon dari Kota Palembang.

Benteng Kuto Besak


Tak jauh dari Jembatan Ampera, terdapat benteng bekas peninggalan masa lampau yang menjadi saksi bisu perlawanan yang dilakukan bangsa Indonesia terhadap para penjajah. Jika sore hari, kawasan yang akrab disapa BKB ini akan dipadati oleh para pelancong.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II


Museum yang terletak bersebelahan dengan BKB ini memiliki koleksi peninggalan Kerajaan Sriwijaya hingga Kesultanan Palembang Darussalam. Koleksi-koleksi yang ada meliputi arkeologi, etnografi, biologi, keramik, senirupa, dan numismatik.

Masjid Agung


Masjid terbesar di Palembang ini berada dekat dengan Jembatan Ampera. Arsitekturnya merupakan perpaduan arsitektur khas Indonesia, Eropa, dan Tiongkok. Unik, ya?

Kampung Kapitan


Kampung yang hingga kini dihuni oleh etnis Tionghoa ini menjadi jejak peninggalan peradaban China di Palembang. Ada beberapa rumah yang memiliki arsitektur khas Tionghoa, seperti rumah Sang Kapitan, penguasa kawasan tersebut.

Pulau Kemaro


Pulau Kemaro terdapat di tengah-tengah Sungai Musi. Di pulau ini terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Selain itu, ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang.

Selain sejarahnya, keindahan alam Palembang tak perlu diragukan lagi. Kamu akan terkesima ketika mendatangi tempat-tempat berikut ini:

Sungai Musi


Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Pulau Sumatera yang membelah Kota Palembang menjadi 2. Kamu bisa menaiki kapal untuk menikmati keindahan sungai ini ataupun makan di sekitaran pinggir sungai.

Sungai Manna


Berbeda dengan Sungai Musi yang memiliki arus cukup tenang, Sungai Manna memiliki arus yang cukup menantang. Karena itulah sungai ini digunakan untuk olahraga pemacu adrenalin, yakni arung jeram.

Air Terjun Lematang Indah


Air terjun satu ini memiliki pemandangan yang sangat asri. Meskipun tidak terlalu tinggi, hanya 40 meter dari atas tanah, namun tempat wisata satu ini wajib kamu kunjungi jika sedang pergi ke Palembang.

Gunung Dempo


Gunung berapi ini merupakan puncak tertinggi di antara semua gunung yang berada dalam Pegunungan Bukit Barisan. Untuk sampai ke gunung ini, kamu harus melewati kota kecil penghasil kopi robusta terbaik, yakni Kota Pagaralam.

Hutan Puti Kayu


Hutan wisata yang satu ini memiliki banyak pohon pinus yang tumbuh asri dan pastinya instagrammable banget! Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan monyet-monyet liat yang sangat jinak.

Selain wisata sejarah dan wisata alam, Palembang juga memiliki beragam theme park yang menarik untuk dikunjungi.

Palembang Bird Park


Tempat wisata yang baru dibuka akhir 2015 lalu ini mencuri perhatian dengan menghadirkan 2.000 ekor burung sebagai koleksinya. Meskipun spesies burung yang ada di bird park ini hanya sedikit yang langka, namun tidak ada salahnya kamu berkunjung ke Palembang Bird Park untuk mengenal lebih jauh mengenai ragam jenis burung.

Fantasy Island


Wahana permainan air ini dapat kamu jadikan pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Palembang. Ada banyak sekali wahana yang tersedia, seperti Play Pool, Sky, Tsunami River, Water Boom, Dragon Tower, Bun Slide dan Go Kart.

Kota yang akrab dengan nama lain Bumi Sriwijaya ini juga terkenal dengan beberapa makanan khasnya yang siap menggoyang lidah!

Pempek


Makanan yang menjadi ikon Kota Palembang ini merupakan menu wajib yang harus kamu cicipi jika sedang berkunjung ke Palembang. Cobalah singgah ke Pempek Candy yang rasa premiumnya sebanding dengan harganya, di Jalan Letjen Harun Sohar atau ke Pempek Lala yang cukup terjangkau di Jalan Pasar Ilir.

Pindang Patin


Selain pempek, Palembang juga terkenal dengan sajian pindang patinnya. Kuah lezat yang kaya dengan rasa pedas, asam, dan manis bersatu dengan empuknya daging patin akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Duh, bikin ngiler!

Tekwan


Sama seperti pempek yang terbuat dari ikan, namun tekwan dibentuk menyerupai bakso-bakso kecil. Jika pempek disajikan bersama dengan cuko, tekwan disajikan dengan kuah kaldu udang yang ditambah dengan taburan seledri, bawang goreng, taburan daun bawang, bihun, potongan bengkoang, maupun jamur kuping.

Mie Celor


Mie khas Palembang ini memiliki tekstur yang tebal seperti udon. Disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari santan dan kaldu ebi, mie celor biasa ditambahkan dengan toge, bawang seledri, bawang goreng, dan telur untuk menambah kelezatannya.

Martabak HAR


martabak satu ini paling terkenal seantero Palembang. Selain karena letaknya yang strategis berada di Jalan Protokol Sudirman, martabak satu ini terkenal dengan rasanya yang lemak nian! Hanya terbuat dari telur yang dibalut dengan kulit martabak, martabak ini disajikan dengan kuah kari yang dicampur kentang dan daging.

Puas berjalan-jalan dan wisata kuliner, langkah selanjutnya yang tak boleh terlupa adalah belanja! Berikut ini tempat-tempat yang bisa kamu datangi untuk wisata belanja di Palembang.

Pasar 16 Ilir


Pasar kebanggaan Wong Kito ini disebut-sebut sebagai “Tanah Abang”-nya Palembang. Pusat grosir pakaian, tas, sepatu, dan perabotan lainnya ini menawarkan harga yang murah dan variasi yang lebih beragam.

Pasar Cinde


Pasar satu ini menyediakan oleh-oleh khas Palembang dengan harga yang terjangkau. Uniknya lagi di hari Minggu pagi, pasar ini berubah menjadi pasar barang bekas yang kualitasnya masih oke punya.

Zainal Songket


Kain tradisional khas Palembang, yakni songket, mampu menjadi cinderamata yang ciamik untuk orang tersayang. Salah satu toko yang menjual songket berkualitas adalah Zainal Songket.

Ada banyak festival dan event seru yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Palembang, seperti:

Festival Danau Ranau


Festival yang digelar di sekitar Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan ini menampilkan banyak pagelaran seni dan budaya, pameran, lomba kicau burung, dan road race. Meriah, ya? Sayang, lho, jika kamu lewatkan!

Musi Jazz


Meski baru diselenggarakan 2015 lalu, festival jazz pertama di Palembang ini selalu dinanti-nanti oleh warga Palembang.

Lomba Rakit dan Beranyutan Ban


Lomba yang telah rutin digelar tiap tahun ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Lahat.

Musi Triboatton


Sejak digelar pertama kali pada 2012 lalu, event internasional ini melombakan 3 cabang olahraga yaitu rafting, kayak, dan dragon boat. Karena merupakan lomba internasional, pesertanya pun berasal dari mancanegara. Tak tanggung-tanggung, panjang lintasan dalam event ini mencapai 500 kilometer, lho.

Festival Kemilau Palembang


Festival yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Kota Palembang. Pusat acara biasa digelar di sekitaran Benteng Kuto Besak dengan beragam kegiatan utama seperti perahu bidar, lomba perahu hias, pameran UMKM, pameran dan pertunjukan seni budaya, serta bazar kuliner.

Informasi Hotel di Palembang


Serunya wisata-wisata yang bisa kamu lakukan di Palembang harus direncanakan dengan matang, salah satunya membuat itinerary yang baik. Jangan lupa untuk merencanakan akomodasimu selama di Palembang, seperti memilih hotel yang baik untuk tempat beristirahat.

Di Palembang ada banyak sekali hotel yang dapat kamu pilih sesuai dengan budget dan gaya berliburmu. Mulai dari hotel bintang lima hingga hotel bintang dua pun ada, lho! Dapatkan promo dan diskon menarik untuk setiap pemesanan hotel dengan menggunakan Mister Aladin. Tunggu apa lagi, buruan cek Mister Aladin sekarang juga!
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point