Tentang Pekanbaru


Kota terbesar di Provinsi Riau ini termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi. Sektor perekonomian kota ini berkembang pesat berkat industri kelapa sawit, minyak bumi, dan pengolahan kertas.

Jika kamu ingin mengunjungi wilayah timur Indonesia, kota ini patut dijadikan salah satu destinasi liburan. Soalnya, alam di Pekanbaru sangat eksotis, peninggalan sejarahnya yang sangat menarik untuk dipelajari, dan juga makanan-makanannya yang lezat!

Tempat Wisata di Pekanbaru


Jika bingung mau ke mana untuk menikmati keindahan alam di Pekanbaru, coba deh kunjungi tempat-tempat ini:

Sungai Siak


Sungai ini salah satu sungai terbesar di Pekanbaru. Ada 4 jembatan besar yang dibangun untuk melintasi sungai ini. Cobain deh menikmati matahari terbenam di sini. Bagus banget, lho!

Kawah Biru


Dulunya kawasan ini adalah kawasan penggalian pasir. Karena terbengkalai, air hujan pun menggenangi kawasan ini. Perpaduan pasir sisa-sisa galian yang putih dan air biru yang menggenangi Kawah Biru menciptakan keindahan tersendiri yang bagus untuk difoto.

Danau Buatan Lembah Sari


Danau ini awalnya hanya untuk waduk. Tapi sekarang sudah berkembang jadi area wisata yang ramah buat semua kalangan umur. Pssst, kamu bisa mancing, main sepeda air, atau naik perahu, lho, di danau ini!

Sungai Kampar


Siapa bilang ombak cuma ada di laut? Di sungai ini juga ada ombak, lho! Masyarakat Pekanbaru menyebut ombak yang ada di sungai ini sebagai bono. Bono ini memiliki kecepatan sampai 40 kilometer per jam dan tingginya bisa sampai 6 meter! Makanya sungai ini juga digunakan untuk berselancar sama para peselancar.

Air Terjun Guruh Gemurai


Air terjun ini menjadi air terjun paling populer di Pekanbaru. Ada 2 aliran air yang membuat suara gemuruh di air terjun ini begitu keras.

Desa Okura


Desa telah berkembang jadi desa wisata paling terkenal di Pekanbaru. Budaya Melayu asli masih sangat melekat di desa yang populer akan agrowisatanya ini.

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim


Ada sekitar 127 tanaman yang dilestarikan di taman hutan ini. Kamu bisa belajar, jalan-jalan, sekaligus bersantai tanpa perlu bayar tiket masuk!

Jangan lupa datangi tempat-tempat bersejarah yang ada di Pekanbaru!

Benteng Tujuh Lapis


Benteng ini memiliki nama lain, yakni Benteng Aur Duri. Sesuai dengan namanya, benteng ini benar-benar terbuat dari 7 lapis gundukan tanah liat yang tingginya mencapai 11 meter.

Anjungan Seni Idrus Tintin


Siapin kamera kamu kalau berkunjung ke sini! Arsitektur bangunan ini bergaya Melayu yang sangat cantik. Banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman khas Pekanbaru di sini, lho!

Rumah Singgah Tuan Kadi


Rumah ini peninggalan sejarah milik Sultan Kerajaan Siak Sri Indrapura. Arsitektur bangunannya tidak kalah unik dengan dominasi warna kuning dan biru, warna cerah khas budaya Melayu.

Museum Sang Nila Utama


Museum ini punya nama lain, yaitu Museum Negeri Provinsi Riau. Di depan museum ini ada miniatur mesin bor dan di belakangnya ada kerangka tubuh paus yang sangat besar. Unik, ya? Museum ini juga memiliki koleksi yang tidak kalah menarik, karena ada 4.298 koleksi peninggalan sejarah.

Istana Siak Sri Indrapura


Istana ini bekas kerajaan Islam terbesar di Riau pada masa dulu. Hingga kini, istana ini dibuka untuk umum karena menyimpan peninggalan-peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura, seperti meriam, keris, alat makan, dan cermin permaisuri.

Bermain-main di theme park Pekanbaru juga seru, lho!

Boombara Waterpark


Kolam renang ini jadi yang terfavorit di Pekanbaru. Ada banyak wahana menarik yang bakal bikin kamu dan keluarga senang dan betah, deh! Cocok buat jadi pilihan liburanmu.

Riau Fantasi


Tempat satu ini dikenal juga dengan nama Labersa Theme Park. Tidak cuma wahana bermain air, tapi juga ada wahana taman bermain yang menyediakan beraneka wahana seperti roller coaster! Makanya tempat ini disebut-sebut sebagai theme park terlengkap di Pulau Sumatera.

Kebun Binatang Sang Kulim


Kebun binatang seluas 10 hektare ini juga jadi favorit wisatawan jika berkunjung ke Pekanbaru. Kebun binatang ini memiliki koleksi beragam jenis hewan yang cocok untuk dipelajari si buah hati. Selain itu, ada wahana permainan anak lainnya, seperti kolam pancing, ayunan, dan kolam renang anak.

Puas menjelajah Pekanbaru, tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner tradisionalnya, seperti roti jala, bolu kemojo, asidah, dan kue bangkit.

Sebelum pulang, jangan lupa wisata belanja di Pasar Bawah, pasar tradisional tertua di Pekanbaru yang terletak di tepi sungai Siak dan dekat dari pelabuhan. Selain itu ada juga Dekranasda, pusat oleh-oleh paling terkenal di Pekanbaru.

Berkunjung ke Pekanbaru, tidak lengkap rasanya kalau tidak mengikuti festival tahunan hits yang ada, seperti:

Festival Pacu Jalur Tradisional


Festival ini adalah ajang lomba dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan, dengan menggunakan perahu atau sampan yang terbuat dari kayu. Masyarakat Kuantan Singingi menyebut perahu atau sampan itu sebagai jalur. Jalur yang digunakan biasanya memiliki panjang 25-30 meter dengan lebar 1,5 meter. Makanya festival ini disebut juga sebagai perlombaan perahu terpanjang se-Indonesia.

Bakar Tongkang


Bakar Tongkang adalah perayaan warga Tionghoa yang rutin dilakukan setiap tanggal 16 di bulan kelima dalam kalender Lunar. Upacara ini terinsipirasi dari kisah sejumlah perantau Tiongkok yang konon berlayar dengan kapal sederhana dari Provinsi Fujian demi mendapat kehidupan yang lebih baik.

Di tengah laut, kapal tersebut kehilangan arah. Para penumpang kemudian meminta petunjuk kepada Dewa Kie Ong Ya. Tak lama kemudian, muncul kilatan cahaya di langit dan ketika diikuti, sampailah kapal para perantau tersebut di daratan Selat Malaka. Sebagai bentuk rasa syukur, kapal yang ditumpangi para perantau kemudian dibakar dan dilepas ke lautan untuk dipersembahkan pada Dewa Kie Ong Ya.

Festival Bekudo Bono


Buat kamu yang suka surfing, wajib nih ikutan festival yang satu ini! Rasakan adrenalinmu berpacu kencang saat berselancar di sungai Kampar. Festival ini biasanya juga diikuti sejumlah peserta dari luar negeri, di antaranya dari Prancis dan Australia.

Informasi Hotel di Pekanbaru


Banyak yang seru ya di Pekanbaru? Buat kamu yang udah ngiler mau liburan ke Pekanbaru, kamu bisa pilih untuk pergi mengunjungi kota ini dengan naik pesawat atau bus yang dapat kamu sesuaikan dengan budget liburanmu.

Di Pekanbaru, ada banyak hotel yang bisa kamu pilih. Mulai dari hotel dengan harga murah sampai yang berbintang. Harga kamar hotel di kota ini juga sangat terjangkau, apalagi kalau kamu memesannya dari jauh-jauh hari. Kalau butuh rekomendasi hotel, segera cek Mister Aladin. Ada banyak diskon dan promo menarik agar liburanmu makin hemat! Jadi, tidak perlu ragu lagi buat menjadikan menjadikan kota ini sebagai tujuan wisatamu berikutnya!
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point