Tentang Makassar


Makassar adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini juga menjadi kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur. Tak heran jika dahulu, kota ini menjadi ibu kota Negara Indonesia Timur.

Sebagai kota seluas 199,26 km�, Makassar dihuni oleh beragam etnis. Mulai dari Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, hingga Tionghoa. Banyaknya etnis itulah yang menyebabkan Makassar kaya akan budaya yang unik untuk digali, selain keindahan alamnya yang tak perlu kamu ragukan lagi.

Tempat Wisata di Makassar


Makassar memiliki peran penting di masa lampau terkait statusnya sebagai kota terbesar di bagian timur Indonesia. Karena itulah tak lengkap mengunjungi Makassar tanpa berkunjung ke tempat wisata sejarahnya.

Fort Rotterdam


Benteng ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang menguasai Makassar di masa lampau. Dulunya, bangunan benteng ini terbuat dari tanah liat dan putih telur. Namun sudah disempurnakan oleh raja Gowa-Tallo ke-14.

Monumen Mandala


Monumen Mandala merupakan menara setinggi 75 meter di pusat Kota Makassar. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dalam pembebasan Irian Barat dari tangan para penjajah, sekaligus hadiah atas jasa mantan Presiden Indonesia yang ke-2 yaitu Soeharto. Terdiri dari 4 lantai, di mana di lantai paling atas kamu dapat menikmati pemandangan Kota Makassar yang indah.

Makam Pangeran Diponegoro


Pahlawan Nasional, Pangeran Diponegoro menghembuskan nafas terakhirnya saat diasingkan di Fort Rotterdam, Makassar. Karena itulah ia dikuburkan di Makassar beserta keturunan-keturunannya dan 9 pengikutnya. Hingga kini, makam sederhana ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Benteng Somba Opu


Benteng peninggalan Kerajaan Gowa ini masih berdiri kokoh hingga saat ini. Di dalamnya kamu dapat melihat rumah adat khas Sulawesi Selatan. Di dalam benteng ini juga sedang dibangun taman mini Sulawesi Selatan, sehingga hanya dengan mengunjungi benteng ini kamu seperti mengunjungi Sulawesi Selatan seluruhnya.

Makam Raja-Raja Tallo


Kerajaan Gowa-Tallo adalah kerajaan kembar yang menguasai Makassar. Kedua kerajaan itulah yang berperan penting dalam membentuk Makassar. Tak heran jika bekas peninggalannya menjadi situs wisata yang dijaga, seperti halnya kompleks makam raja-raja Tallo ini.

Letak Makassar yang berbatasan langsung dengan laut, menjadikan kota ini memiliki wisata alam indah yang patut dikunjungi.

Pantai Losari


Pantai yang menjadi ikon dari Kota Makassar ini terletak di Jalan Penghibur, sebelah barat Kota Makassar. Selain terkenal akan panoramanya yang indah, baik di pagi, siang, maupun sore hari, Pantai Losari juga terkenal akan aneka kulinernya yang menggugah selera. Kamu bisa mengitari pinggir pantai ini untuk mencicipi makanan khas Makassar.

Taman Nasional Bantimurung


Taman nasional yang pertama kali ditemukan oleh Alfred Russel Wallace ini memiliki luas mencapai 43.750 hektar dan terdiri dari bukit kapur, air terjun dan juga gua. Ada sekitar 250 jenis kupu-kupu yang dijadikan maskot di taman nasional ini.

Tanjung Bira


Meski berada jauh dari pusat Kota Makassar, keindahan pasir putihnya yang sehalus bedak bayi ditambah jernihnya air laut, membuat pantai ini sangat tersohor dan menjadi tujuan wisata favorit para turis domestik dan mancanegara.

Malino


Malino ialah kota kecil di sekitar Makassar yang menyuguhkan pemandangan serupa Skotlandia. Malino yang merupakan dataran tinggi khas pegunungan ini memiliki hutan pinus ciamik, hamparan kebun teh yang sangat luas, kafe, dan juga wahana ekstrem seperti flying fox.

Taman Laut Taka Bonerate


Taman laut satu ini menjadi potensi wisata bahari Makassar karena keindahan bawah lautnya menjadi surga bagi para penyelam. Nikmati sensasi berenang ditemani ikan, penyu, kura-kura dan terumbu karang yang masih terjaga.

Pegunungan Karst


Pegunungan kapur ini merupakan satu-satunya objek wisata di Indonesia dan menjadi yang kedua terluas di dunia usai Batu Tsingy yang ada di Madagascar. Selain melihat indahnya gunung kapur, di sini kamu juga bisa melihat Telaga Bidadari, Gua Telapak Tangan, Sungai Pute, dan Kampung Berua.

Pulau Samalona


Pulau satu ini sedang menjadi topik pembicaraan hangat karena keindahannya sesuai dengan namanya. Pasir putihnya berpadu dengan laut biru yang jernih menjadi teman yang pas untuk menikmati matahari tenggelam.

Wisata di theme park keren di Makassar tak ada salahnya dicoba. Berikut ini adalah theme park yang ada di Makassar.

Trans Studio


Wahana permainan indoor pertama di Indonesia ini memiliki 21 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan yang terdapat dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik.

Bugis Water Park


Wahana permainan air terbesar di Makassar ini memiliki banyak seluncuran air yang besar serta pertunjukkan live music yang menawan.

Selain kaya akan tempat wisata yang menarik, Makassar juga kaya akan wisata kulinernya yang khas dengan bumbu melimpah.

Coto Makassar


Hidangan nomor satu di Makassar ini terdiri dari daging empuk yang disajikan dengan kuah hangat yang kaya akan rempah pilihan. Siapa pun pasti tergoda!

Sop Konro


Sop iga sapi yang disajikan dengan kuah kecokelatan yang juga kaya akan rempah ini biasanya menjadi sangat lezat ditemani dengan sepiring nasi putih atau ketupat. Sesuaikan saja dengan seleramu.

Pallubasa


Hidangan satu ini menyerupai coto makassar. Namun, kuahnya ditambah kelapa goreng dan kuning telur ayam kampung.

Songkolo


Nasi ketan hitam yang pulen ini biasa dihidangkan di pagi dan sore hari. Dilengkapi dengan taburan kelapa parut yang gurih-manis atau ikan asin, membuat hidangan satu ini makin nikmat.

Pisang Epe


Sajian satu ini biasanya dikonsumsi sebagai kudapan. Pisang raja yang dijepit hingga berbentuk pipih ini, kemudian dibakar lalu disajikan dengan cairan gula merah, jadi manisnya tak perlu diragukan lagi. Seiring perkembangan zaman, pisang epe kini hadir dalam berbagai rasa seperti cokelat, durian, dan keju.

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Makassar tanpa membawa oleh-oleh untuk kerabat. Kamu bisa berwisata belanja di tempat-tempat ini:

Pasar Butung


Pasar ini adalah pusat grosir terbesar di bagian timur Indonesia. Pasar grosir modern ini akan membuatmu nyaman saat berbelanja karena tempatnya yang telah ditata dan dilengkapi pendingin ruangan juga eskalator penghubung setiap lantai.

Pusat Suvenir Somba Opu


Seperti namanya, tempat satu ini menyediakan beragam pilihan suvenir menarik yang murah meriah untuk kamu bawa pulang. Mulai dari pakaian khas Makassar, makanan, hingga alat musik khas Makassar ada di tempat ini.

Hal menarik lainnya dari Makassar adalah adanya festival-festival tahunan berikut:

Makassar International Writers Festival


Festival para penulis internasional ini tak hanya diselenggarakan di Ubud, tetapi juga di Makassar. Berlokasi di Fort Rotterdam, festival ini sengaja digelar agar dapat menumbuhkan bakat menulis warga Makassar dengan menggelar beberapa jenis workshop penulisan.

Makassar Running Festival


Acara tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Makassar ini bertujuan agar seluruh warga Makassar menjadi sehat dengan berlari.

Makassar International Eight Forum and Festival


Digelar di anjungan Pantai Losari, kamu dapat melihat atraksi mengagumkan pesawat Jupiter TNI AU dan Sukhoi. Selain itu, festival ini menampilkan 8 Festival Kolosal yang penuh sensasi atau 8 F, yaitu fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, fiction writer dan font.

Soundset Festival


Berlokasi di Fort Rotterdam, kamu dapat menikmati paduan alam, sejarah, dan budaya dengan banyaknya acara menarik, seperti garage sale, picnic park, dan food festival sambil menyaksikan music performance.

Makassar Jazz Festival


Festival musik jazz di malam hari ini menyajikan musisi-musisi jazz asal dalam negeri maupun mancanegara.

Informasi Hotel di Makassar


Potensi sektor pariwisata Makassar begitu besar. Tak heran jika akomodasi menuju dan saat berada di Makassar kini serba mudah. Mulai dari makin banyaknya direct flight menuju Makassar hingga banyaknya akomodasi seperti penginapan dan hotel yang nyaman.

Ada banyak sekali pilihan hotel di Makassar yang dapat kamu sesuaikan dengan budget dan gaya liburanmu. Mulai dari hotel bintang lima hingga hotel bintang satu. Ingin dapatkan harga yang murah? Lakukan pemesanan di Mister Aladin! Beragam promo dan diskon hotel menarik ada di Mister Aladin. Tunggu apa lagi?
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point