Tentang Manado


Kota Manado menempati posisi kedua sebagai kota terbesar di Pulau Sulawesi. Kota yang menjadi ibu kota Sulawesi Utara ini terletak di Teluk Manado dan dikelilingi oleh pegunungan. Karena letaknya itulah, Manado memiliki segudang potensi wisata yang menawan.

Wilayah perairan Manado terdiri dari Pulau Bunaken, Pulau Siladen, dan Pulau Manado Tua. Ketiga pulau itu memiliki perbedaan bentuk wilayah, di mana Pulau Bunaken dan Siladen memiliki topografi yang bergelombang dengan puncak setinggi 200 meter. Sedangkan pulau Manado Tua adalah pulau gunung dengan ketinggian ± 750 meter.

Tempat Wisata di Manado


Sebelum mengenal lebih jauh mengenai wisata alam Manado yang sangat indah, ada baiknya kita intip wisata sejarah Manado yang tak kalah seru untuk dikunjungi.

Klenteng Ban Hio Kong


Klenteng ini adalah yang tertua di Sulawesi Utara. Diperkirakan umur klenteng ini lebih dari 200 tahun. Terdapat macam-macam binatang, seperti naga yang menghiasi arsitektur bangunan klenteng ini.

Makam Tuanku Imam Bonjol


Pada 6 November 1864, Imam Bonjol wafat di pengasingan di tanah Minahasa, Sulawesi Utara. Atas jasa-jasanya untuk kemerdekaan Indonesia, Imam Bonjol diangkat sebagai pahlawan nasional dan makamnya dibangun sedemikian rupa agar masyarakat bisa mengenang perjuangannya. Uniknya, meskipun berada di Manado, arsitektur makam Imam Bonjol justru menyerupai Rumah Gadang, Padang, kota kelahiran Imam Bonjol.

Patung Yesus Memberkati


Baru didirikan sejak 2010 lalu, patung ini telah menarik perhatian dunia karena menjadi salah satu Patung Yesus tertinggi di dunia. Dengan tinggi pijakan 20 meter dan tinggi patung 30 meter, patung yang terletak di Ring Road kompleks Citraland Winangun ini terlihat seperti melayang melindungi Kota Manado dengan kemiringannya yang mencapai 20 derajat.

Museum Negeri Sulawesi Utara


Museum ini memiliki koleksi beragam kebudayaan, sejarah, dan pengetahuan alam yang ada di Manado. Mulai dari boneka yang berpakaian adat Sasak, Mbojo, dan Samawa yang merupakan bagian budaya dari NTB, peralatan hidup masyarakat zaman dahulu seperti peralatan dapur mereka, bercocok tanam, melaut, hingga jenis-jenis senjata seperti keris yang digunakan sebagai pelengkap upacara adat.

Tugu Perang Dunia II


Salah satu ikon Kota Manado ini tak memiliki kejelasan soal latar belakang berdirinya. Ada yang berpendapat bahwa monumen ini berdiri untuk memperingati jatuhnya pasukan Jepang di wilayah Sulawesi Utara, namun ada juga yang berpendapat bahwa monumen ini didirikan di abad ke-19 pada masa penjajahan Hindia Belanda melalui tangan-tangan VOC.

Bukit Kasih


Kota Manado terkenal sebagai kota yang menjunjung tinggi toleransi beragama. Hal tersebut dapat kamu lihat di Bukit Kasih ini. Ada 5 rumah ibadah di bukit ini yang menjadi representrasi dari agama mayoritas di Manado.

Jembatan Soekarno


Jembatan yang dirancang sejak 2003 dan resmi dirampungkan di 2015 lalu ini jadi jembatan terpanjang di Manado. Uniknya, peletakan batu pertama yang menandakan dimulainya pembangunan jembatan ini dilakukan oleh anak Soekarno sendiri, yakni Megawati Soekarnoputri.

Usai berwisata sejarah, kini saatnya kamu mengeksplor keindahan wisata alam di Manado.

Taman Laut Bunaken


Bagi para pecinta alam bawah laut, taman laut satu ini terkenal sebagai surganya para penyelam. Bagaimana tidak, ada 39 titik yang akan memanjakan matamu, seperti Lekuan, Fukui, Mandolin, Tanjung Parigi, Pangalisang, dan Bunaken Timur.

Pulau Siladen


Surga lainnya di Manado yang tak boleh dilewatkan adalah Pulau Siladen. Kamu akan terpana melihat hamparan pasir putih dan lautnya yang jernih. Di pulau ini kamu juga bisa menyelam dan snorkeling, lho. Tak kalah cantik dengan Bunaken.

Taman Wisata Tandurusa


Di taman ini, kamu bisa melihat beragam hewan khas Sulawesi, seperti babirusa, monyet hitam, dan tarsius yang menggemaskan.

Danau Tondano


Danau ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik di zaman dahulu. Seperti halnya Danau Toba, di Danau Tondano ini juga terdapat sebuah pulau kecil.

Sungai Sawangan


Untuk kamu yang menggemari olahraga pemacu adrenalin seperti arung jeram, berkunjunglah ke Sungai Sawangan. Arus sungai ini sangat deras sehingga cocok untuk jadi arena bermain arung jeram. Panjang lintasannya mencapai 9 kilometer, lho!

Kota Bunga Tomohon


Selain bermain-main di pantai dan sungai, keindahan alam lainnya di Manado yang patut kamu kunjungi ialah Kota Tomohon. Kota yang berada di dataran tinggi ini ditumbuhi banyak bunga-bunga cantik.

Jika kamu ingin bersantai bersama keluarga, tak ada salahnya berkunjung ke waterpark-waterpark seru di Manado, seperti Citraland Waterpark, Lomban Waterpark, dan Mercy Waterpark.

Selesai bermain di tempat wisata, jangan dulu pulang! Saatnya kamu icip-icip wisata kuliner di Manado.

Cakalang Fufu


Ikan cakalang atau tongkol putih adalah hasil laut yang banyak ditemui di Manado. Ikan ini biasanya langsung dimasak dengan cara diasapi (fufu). Pastikan kamu mencicipi hidangan ini, apalagi setelah cakalang diolah menjadi cakalang fufu saus. Rasanya mantap!

Ayam Woku


Ayam adalah olahan lazim bagi banyak orang. Namun, ayam woku khas Manado adalah hidangan yang patut kamu nikmati. Rasa pedasnya yang kaya akan bumbu pilihan, dijamin bikin kamu ketagihan.

Sambal Roa


Sambal yang terbuat dari daging ikan roa yang dihaluskan ini pantas menjadi pendamping makananmu. Rasa pedas yang gurih, akan meningkatkan nafsu makanmu.

Klappertaart


Kue peninggalan Belanda ini menjadi salah satu kudapan favorit di Manado. Berbahan dasar kelapa muda yang dipanggang, menjadikan cita rasa kue ini sangat khas.

Nasi Jaha


Bosan makan nasi putih? Cobain, deh, nasi jaha! Terbuat dari beras dan ketan yang dimasak di dalam bambu dan dibakar hingga matang.

Setelah isi perut dan puas berjalan-jalan mengelilingi Manado, jangan lewatkan membeli oleh-oleh khas Manado di kawasan wisata belanja yang ada di sini.

Pasar 45


Para pedagang kaki lima menjajakan barang dagangannya yang kebanyakan berupa pakaian. Soal harga jangan ditanya, pasti murah, lho!

Merciful Building


Tempat satu ini terkenal sebagai pusat oleh-olehnya Manado. Berlokasi di kawasan Wanea Plaza, Jalan Sam Ratulangi. Ada ribuan produk khas Manado yang terlengkap dan terbaru, mulai dari makanan/minuman, kain tradisional, kaos, suvenir, dan aksesoris.

UD Kawanua


Toko souvenir ini berlokasi di Jalan BW Lapian Tikala, yang berdekatan dengan beberapa toko suvenir lain. Selain menyediakan berbagai kain dan busana khas Sulawesi Utara, ada banyak suvenir, kaos bernuansa lokal, aksesoris, dan makanan khas.

Alternatif lainnya untuk menikmati Manado ialah dengan mengunjunginya saat festival-festival ini berlangsung:

Tomohon International Flower Festival


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Tomohon terkenal dengan keindahan alamnya yang membuat beragam bunga cantik tumbuh subur. Berbagai kegiatan yang digelar dalam festival ini antara lain turnamen bunga berupa pawai kendaraan hias dan kontes Ratu Bunga untuk menjaring para putri terbaik se-Indonesia yang memiliki bakat serta kemampuan dan rasa cinta akan bunga.

Festival Pesona Bunaken


Di festival ini diselenggarakan lomba memancing, lomba foto bawah laut, lomba seni Tari Maengket, pemilihan Putra-Putri Bunaken, dan dimeriahkan oleh pesta musik. Tak tanggung-tanggung, festival ini berlangsung selama seminggu penuh, lho!

Manado Easter Show


Sesuai namanya, menyambut Paskah akan ada konser dan Parade Paskah. Tak ketinggalan, jalanan di kota dan bangunan akan dipenuhi hiasan lampu Paskah.

Festival Danau Tondano


Meskipun memakai nama danau terkenal di manado, kenyataannya festival ini diadakan di daratan bukan di perairan Danau Tondano. Festival ini ialah pesta lari marathon dengan rute mengelilingi Danau Tondano sejauh 30 kilometer.

Festival Budaya Bantik


Festival milik adat Bantik ini menampilkan Tari Mahamba asli, Tarian Mahamba yang sudah ada variasi, Tari Mahamba Bantik yang dibawakan penari muslim Tanamon, Tarian Upasa (kabasaran), serta penampilan pencak silat.

Informasi Hotel di Manado


Maju pesatnya sektor pariwisata di Manado membuat kota ini digadang menjadi “Bali keduanya Indonesia”. Tak heran jika beragam akomodasi menuju Manado dan saat di Manado telah dipermudah dan diperbanyak. Termasuk hotel dan penginapan.

Di Manado terdapat banyak pilihan hotel murah yang dapat kamu sesuaikan dengan budget dan gaya liburanmu. Mulai dari hotel bintang lima hingga hotel bintang dua, semuanya ada! Untuk mendapatkan promo dan diskon meriah lainnya, lakukan pemesanan di Mister Aladin, ya!
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point