Tentang Padang


Tahukah kamu kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera yang juga menjadi gerbang perdagangan Indonesia dari barat? Yup benar, jawabannya adalah Kota Padang! Karena perannya itulah, Padang ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Dahulu kala, Padang menjadi perebutan bangsa penjajah dan Kesultanan Aceh. Karena itulah banyak kebudayaan Padang yang mendapat pengaruh dari Aceh serta banyak bangunan di kota ini yang memiliki arsitektur Eropa. Perpaduan kedua budaya tersebut yang menjadikan Padang menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Padang


Memiliki budaya yang kental, menjadikan wisata sejarah di Padang menjadi sebuah kewajiban bagi kamu yang ingin traveling ke sini. Ada apa aja, sih, yang seru di Padang?

Jembatan Sitti Nurbaya


Sitti Nurbaya merupakan legenda Kota Padang sepanjang masa. Tokoh utama dalam novel karya Marah Rusli berjudul Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai itu menjadi kebanggaan masyarakat Padang karena novel berbahasa Minang tersebut meledak di pasaran dan bahkan disandingkan dengan novel karya William Shakespeare yang berjudul Romeo dan Juliet. Karena menjadi fenomenal, sebuah jembatan terbesar di Padang diberi nama Jembatan Sitti Nurbaya. Di jembatan ini, kamu bisa melihat keindahan Kota Padang sembari makan jajanan yang ada.

Jam Gadang


Jam yang berada di Bukittinggi ini menjadi ikon kebanggaan masyarakat Padang. Bentuknya mirip jam Big Ben yang ada di London, lho. Jam ini dibangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda.

Istano Basa Pagaruyung


Pada zaman dulu, istana ini merupakan tempat tinggal keluarga Kerajaan Minangkabau sekaligus menjadi pusat pemerintahan. Sayangnya, istana ini hancur akibat kericuhan yang terjadi pada abad ke-19 silam. Karena itulah istana ini direkonstruksi ulang dan kini digunakan sebagai museum.

Museum Adityawarman


Museum satu ini memiliki sebutan Taman Mini Indonesia Indah-nya Padang, lho! Hal tersebut dikarenakan museum ini memiliki peninggalan–peninggalan sejarah kebudayaan Minang. Tak tanggung-tanggung, terdapat 6.000 koleksi peninggalan sejarah yang bisa kamu temui di sini. Terdiri dari pernak-pernik, busana, instrumen musik, benda–benda prasejarah dan masih banyak lagi.

Miniatur Makkah


Tahukah kamu jika di Kota Padang terdapat kawasan yang mendapat julukan Mini Makkah? Sebuah asrama haji di Lubuk Minturun menjadi buah bibir sejak 2001 lalu karena menjadi tempat manasik haji dengan masjid mewah dan memiliki koleksi binatang khas Arab, seperti unta dan ular phiton.

Sitinjau Lauik


Berada 1.000 meter di atas permukaan laut, tempat wisata ini wajib dikunjungi jika kamu ingin merasakan hawa sejuk sambil menikmati panorama indah Kota Padang.

Pantai Air Manis


Bukan hanya Sitti Nurbaya, Padang juga terkenal dengan legenda lainnya, yakni Malin Kundang. Kamu bisa melihat patung Malin, saudagar kaya raya yang dikutuk menjadi batu karena tak mau mengakui ibunya sendiri itu di pantai ini.

Usai mengunjungi wisata sejarahnya, jangan lewatkan wisata alam di Padang yang menakjubkan, seperti:

Lembah Anai


Lembah Anai adalah air terjun paling populer di Kota Padang. Ada 3 air terjun dengan panorama yang indah untuk kamu nikmati.

Pantai Padang Taplau


Berada di pusat Kota Padang, pantai satu ini menjadi tempat asyik untuk menikmati matahari terbenam. Ada banyak pula warung makan yang menjajakan makanannya di sekitaran pantai. Jadi sambil nongkrong, bisa sambil makan, lho!

Pulau Cubadak


Untuk kamu yang ingin diving, laut di pulau cantik satu ini menjadi pilihan yang tepat. Airnya yang jernih menjadikan pulau ini surganya para pecinta dunia bawah laut.

Pulau Sikuai


Bagi kamu yang merencanakan bulan madu ke Padang, pulau satu ini patut dijadikan pilihan. Suasananya yang tenang, jauh dari keramaian, dan pemandangannya indah cocok untuk menemani hari-hari bulan madu yang romantis.

Soal kuliner, jangan pernah ragukan masakan Padang. Ada banyak sekali makanan khas Padang yang bahkan diakui oleh dunia sebagai makanan terenak.

Rendang


Inilah makanan terenak di dunia versi portal berita asal Amerika Serikat. Voting yang dilakukan di Facebook itu, menjadikan rendang keluar sebagai pemenang utamanya dengan memperoleh 35.000 suara. Jadi jangan lewatkan mencicipi rendang jika sedang berkunjung ke Padang, ya!

Dendeng


Makanan satu ini terbuat dari daging sapi tipis yang dikeringkan. Untuk bumbunya sendiri, dendeng khas Padang biasa dibalut dengan bumbu balado ataupun lado ijo (cabai hijau). Adapula dendeng batokok, sama-sama terbuat dari daging sapi yang tipis, namun cara membuatnya tidak dikeringkan, tapi dipukul.

Gulai Kepala Ikan


Salah satu variasi kuah gulai yang paling terkenal ialah gulai kepala ikan. Kuah gulai ini biasanya terbuat dari jahe, kunyit, laos, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, dan cabe. Jenis ikan yang digunakan biasanya kepala ikan kakap.

Keripik Balado


Kota Padang memang terkenal dengan masakannya yang menggunakan banyak cabai. Tak heran jika oleh-oleh paling populernya pun bernuansa pedas juga, yakni keripik balado. Keripik ini terbuat dari singkong yang dibalut dengan bumbu pedas manis yang khas.

Teh Talua


Bukan cuma makanan, tapi Kota Padang juga memiliki minuman khas. Salah satunya ialah Teh Talua. Teh ini terbuat dari daun teh, kuning telur ayam atau bebek, jeruk nipis, dan gula.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Padang tanpa berwisata belanja di pasar-pasar tradisionalnya.

Pasar Raya Padang


Pasar ini merupakan surganya suvenir khas Padang. Tak hanya itu, di pasar ini juga terdapat barang-barang kebutuhan sehari-hari yang dapat kamu pilih, seperti alat elektronik, makanan, perhiasan, alat rumah tangga, dan lainnya.

Pasar Aur Kuning


Berlokasi di Bukittinggi, pasar satu ini menjual aneka busana muslim, pakaian kasual, mukena, karpet, seprai, hingga tirai jendela ditawarkan dengan harga relatif murah. Sebagian besar barang yang dijual di pasar ini adalah buatan masyarakat setempat.

Desa Pandai Sikek


Untuk kamu yang gemar mengoleksi kain tenun songket khas Padang, desa ini adalah tempat yang tepat. Desa ini menghasilkan kain tenun songket terbaik di Kota Padang.

Di Padang, terdapat banyak sekali festival dan acara tahunan yang rutin digelar, seperti:

Tour de Singkarak


Kejuaraan balap sepeda bertaraf internasional ini rutin digelar selama seminggu sekitar bulan April hingga Juni. Daya tarik dari festival ini ialah para pesepeda akan melihat sekaligus menaklukkan kelok 9 yang terkenal di Kota Padang.

Sawahlunto International Songket Carnival


Festival tahunan ini menampilkan berbagai kreasi kain songket Silungkang dalam bentuk karnaval kesenian. Bukan cuma pawai, kamu juga dapat berbelanja kain songket dalam festival ini. Songket Silungkang memang terkenal akan keindahannya dan telah menjadi sumber pendapatan masyarakat Sawahlunto sejak dulu.

Festival Tabuik


Kota Padang yang mayoritas penduduknya beragama Islam, turut serta memperingati kematian cucu Nabi Muhammad S.A.W, yakni Hussein bin Ali. Beserta keluarganya, Hussein wafat dalam peperangan di Padang Karbala. Meskipun festival ini dimulai pada 1 Muharram, untuk keperluan wisata acara puncaknya berubah-ubah setiap tahunnya. Biasanya menyesuaikan dengan akhir pekan.

Informasi Hotel di Padang


Banyak sekali tempat wisata menarik yang dapat kamu kunjungi di Kota Padang. Untuk menuju Padang kamu bisa pilih transportasi via udara dengan pesawat, ataupun dengan jalur darat, yakni menggunakan bus. Jika lelah mengelilingi Padang, kamu dapat memesan hotel untuk tempat beristirahat.

Di Kota Padang, ada banyak pilihan hotel yang dapat kamu sesuaikan dengan budget dan gaya liburan. Mulai dari hotel bintang lima hingga bintang dua sekalipun ada di Padang! Untuk booking yang mudah dengan promo-promo dan diskon ciamik, kamu bisa langsung cek ke Mister Aladin, lho!
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point