Tentang Lombok


Pulau cantik yang berada di sisi timur Pulau Bali ini terkenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Budaya Suku Sasak, yakni menculik gadis sebagai pertanda bahwa sang gadis akan menikah, juga menjadi budaya unik yang hingga kini terus dilestarikan.

Termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lombok tak hanya menyuguhkan pesona wisata alam tetapi pulau-pulau di sekelilingnya, seperti Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno turut serta menyajikan pemandangan yang tak kalah eksotik. Akses tempuh dari Lombok ke pulau-pulau di sekitarnya pun cukup mudah, yakni menggunakan kapal feri yang dapat disewa secara pribadi ataupun rombongan.

Tempat Wisata di Lombok


Pulau Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani, gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang konon katanya cukup ekstrem untuk didaki. Terletak di bagian timur Lombok, perjalanan menuju Gunung Rinjani cukup jauh jika diukur dari Praya, tempat Bandar Udara Internasional Lombok berada. Namun, sepanjang jalan menuju kawasan pendakian Rinjani, kamu akan disuguhkan pemandangan asri Lombok dan jalan raya yang mulus dan bebas macet. Jadi, jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke Gunung Rinjani!

Selain gunung, Lombok juga memiliki pantai yang cantik, seperti:

Pantai Senggigi


Pantai yang terletak di bagian barat Pulau Lombok ini memiliki gradasi warna pasir hitam dan putih. Airnya yang jernih menambah keindahan Senggigi untuk dijadikan tempat melihat matahari terbenam.

Pantai Tangsi (Pink Beach)


Pantai ini adalah salah satu pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink karena pecahan terumbu karang berwarna merah bercampur jadi satu dengan pasir putihnya. Akses menuju pantai cantik ini pun terbilang cukup sulit karena jalanan darat yang rusak parah, sehingga disarankan untuk menempuh jalur laut dengan menyewa kapal di Pelabuhan Tanjung Luar.

Pantai Tanjung Aan


Berlokasi di Lombok Tengah, pantai satu ini juga memiliki bukit hijau yang cukup mudah didaki, yakni Bukit Meserse. Kamu dapat berfoto tak hanya di pantai, tapi juga di atas bukit dengan latar belakang lautan biru yang jernih.

Pantai Selong Belanak


Pantai yang juga berada di Lombok Tengah ini terkenal ramah untuk para pecinta surfing ataupun sekadar berenang.

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Lombok tanpa singgah ke 3 pulau gili, yakni Gili trawangan, Gili Air, dan Gili Meno yang terletak di barat laut Lombok.

Gili Trawangan


Pulau yang paling besar dan paling terkenal di antara pulau gili lainnya ini menawarkan beragam aktivitas menyenangkan, seperti snorkeling, kayak, dan diving dengan harga yang cukup terjangkau. Hamparan pasir putihnya akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Jangan lupa untuk foto saat matahari terbenam di ayunan yang berada di laut. Letak ayunan tersebut di ujung pulau Gili Trawangan yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan naik sepeda.

Gili Air


Di antara gili lainnya, Gili Air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok. Di pulau ini, kamu bisa melihat kuda laut dan kura-kura. Memiliki keindahan yang menyerupai gili lainnya, Gili Air bisa dijadikan opsi untuk kamu yang ingin berlibur dengan suasana yang lebih sepi.

Gili Meno


Pulau satu ini belakangan mencuri perhatian karena di dasar lautnya terdapat patung-patung berbentuk manusia yang dicap sedang melakukan tindakan tidak senonoh. Padahal, pihak resort yang menenggelamkan patung karya seniman laut Jason Decaires Taylor itu bermaksud menjadikan patung sebagai tempat tumbuhnya biota laut. Penasaran? Kamu bisa diving untuk melihat patung tersebut! Selain itu, di pulau ini kamu bisa melihat penyu-penyu berenang ke Gili Meno Wall di pagi dan sore hari.

Wisata kuliner juga tak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke Lombok. Selain Ayam Taliwang yang menjadi kuliner terpopuler asal Lombok, ada pula kuliner-kuliner berikut yang tak boleh dilewatkan:

Nasi Balap Puyung


Jika dilihat, sajian satu ini mungkin tidak terlalu menggugah karena hanya berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Namun, nasi ini terkenal karena rasa pedas bumbunya yang sederhana.

Bebalung


Dalam bahasa Sasak, suku asli Lombok, bebalung memiliki makna tenaga karena terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit yang ditambah jahe agar rasa pedasnya memiliki ciri khas tersendiri.

El Bazar Restaurant & Cafe


Restoran bernuansa Maroko ini hadir untuk menjamu pengunjungnya dengan makanan khas Timur Tengah. Dengan harga yang terjangkau, restoran ini dapat membuat kamu betah karena banyak spot yang instagramable!

Jika kamu ingin melihat warisan budaya khas Lombok yang hingga kini masih terus dilestarikan serta sisi lain Lombok yang bisa kamu nikmati, ada banyak festival rutin yang digelar setiap tahunnya, seperti:

Festival Bau Nyale


Festival unik ini diadakan setiap tahun pada hari ke-20 di bulan ke-10 dalam Kalender Sasak tradisional yang jatuh sekitar bulan Februari setiap tahunnya. Bau dalam bahasa Lombok berarti "menangkap" dan Nyale adalah sejenis cacing laut yang hanya ada di waktu-waktu tersebut. Cacing tersebut dipercaya oleh warga Lombok sebagai reinkarnasi Putri Mandalika dari kerajaan Tunjung Beru yang terjun ke laut, karena enggan dinikahkan oleh pangeran yang memenangkan sayembara yang dibuat oleh ayahnya. Sayembara itu membuat kegaduhan, sehingga Putri memilih untuk menghilang dan menasihati masyarakat di Lombok untuk hidup dalam damai. Ia berjanji untuk kembali pada tanggal 20 bulan ke sepuluh dalam kalender Sasak, namun pada hari itu hanya cacing nyale yang terlihat di mana-mana di laut.

Festival Pesona Senggigi


Warga di Pulau Lombok masih mempertahankan warisan budayanya hingga saat ini dan bangga untuk memperkenalkan budayanya. Karena itulah festival di Pantai Senggigi ini digelar selama satu minggu dengan menampilkan beragam tarian dan kebudayaan khas Lombok lainnya.

Festival Air


Festival musik yang diadakan selama 3 hari ini berlokasi di Gili Air. Sejumlah musisi dari beragam genre akan memanjakan para pengunjung. Kamu bisa menikmati alunan lagu sembari bersantai di pasir putih Gili Air.

Informasi Hotel di Lombok


Meski perjalananmu di Lombok akan terasa nyaman karena mudahnya transportasi jalur darat dan air, namun jarak tempuh untuk mengelilingi Lombok cukup memakan waktu, sehingga tak akan cukup mengeksplor Lombok dalam waktu yang sebentar. Karena itulah kamu perlu menginap beberapa hari untuk dapat menikmati keseluruhannya.

Jangan khawatir, ada banyak tipe hotel di seluruh belahan Lombok yang bisa kamu booking lewat Mister Aladin, mulai dari hotel bintang empat sampai dengan penginapan sekelas bintang dua, dan banyak lagi hotel lainnya yang sesuai dengan budget dan gaya liburan kamu. Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa unduh aplikasi Mister Aladin agar tidak ketinggalan promo-promo dan diskon-diskon menarik untuk setiap pemesanan. Sudah makin mantap, kan, untuk menghabiskan liburan kamu di Lombok? Yuk, jalan-jalan hemat dengan Mister Aladin.
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point