Tentang Surabaya


Kalau ke daerah Jawa Timur, kamu wajib bertandang ke ibu kotanya, yakni Surabaya. Surabaya yang berasal dari kata Sura (ikan hiu) dan Boyo (buaya) berperan penting pada zaman kemerdekaan dulu ketika Peristiwa 10 November. Peristiwa ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang terjadi di kota ini. Tidak heran Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan dan ada banyak tugu serta monumen untuk mengenang jasa pahlawan yang menghiasi kota ini.

Kota yang menjadi pusat pemerintahan, bisnis, dan industri di Jawa Timur ini sangat cocok untuk dikunjungi para wisatawan karena banyak tempat wisata menarik serta kuliner khas yang bisa memanjakan perut. Banyak hotel di Surabaya juga yang mampu mengakomodir kebutuhan kamu.

Tempat Wisata di Surabaya


Tak perlu ragu untuk menyambangi wisata sejarah maupun wisata alam di Surabaya. Transportasi di dalam kota yang mudah serta harga yang terjangkau, pasti membuat kamu nyaman. Intip destinasi wisata sejarah favorit di Surabaya berikut ini:

Tugu Pahlawan


Monumen terkenal di Surabaya ini punya tinggi lebih dari 40 meter. Tugu ini dibuat untuk mengenang keberanian pahlawan-pahlawan di Surabaya.

Monumen Kapal Selam


Mau tahu bentuk kapal selam di dunia nyata? Meluncurlah ke Plaza Surabaya. Di sebelahnya ada Monumen Kapal Selam. Kapal yang ada di sana merupakan bentuk asli KRI Pasopati 410 milik TNI. Pasti kamu akan tercengang melihat ukurannya.

House of Sampoerna


Penasaran dengan kisah di balik rokok Sampoerna? Kamu bisa menemukan jawaban lengkapnya di House of Sampoerna atau Museum Sampoerna yang menempati sebuah gedung peninggalan kolonial Belanda di kawasan Surabaya Lama.

Museum Kesehatan


Museum yang satu ini cukup populer dengan nuansa mistisnya. Tidak hanya memamerkan alat medis modern saja, alat penyembuhan tradisional bersifat klenik juga bisa kamu temukan di sini. Kalau berani uji nyali, kamu wajib ke tempat ini.

Bukit Turi Daramista


Jika kamu gemar berfoto di spot yang instagrammable, bukit tinggi di Sumenep ini tak boleh ketinggalan. Mulai dari sangkar burung raksasa, rumah dari ranting, hingga bermain flying fox bisa dilakukan di tempat yang menyajikan pemandangan Kota Surabaya yang cantik ini.

Hutan Mangrove Wonorejo


Hutan Mangrove Wonorejo ibaratnya oase di tengah padang gurun. Yup, cuma di sini kamu bisa merasakan suasana asri dan tenang di tengah hiruk pikuk Kota Surabaya yang sibuk. Tempat ini cocok jadi tempat berfoto karena pemandangannya sangat cantik di tengah-tengah pohon bakau.

Pantai Kenjer dan Patung Buddha Empat Wajah


Di sini kamu bisa menikmati pemandangan Laut Jawa yang tenang karena berada 9 km dari pusat Kota Surabaya. Selain bersantai di tepi pantai, kamu juga bisa mengunjungi Patung Buddha Empat Wajah di mana setiap wajah melambangkan arti yang berbeda-beda.

Kebun Binatang Surabaya


Kebun Binatang Surabaya pernah mendapatkan predikat sebagai kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara, lho. Di sini kamu bisa melihat beragam jenis satwa, mulai dari mamalia, reptil, hingga burung.

Di Surabaya juga terdapat theme park asyik yang dapat kamu jadikan pilihan untuk menghabiskan waktu berliburmu.

Ciputra Waterpark


Kalau mau main air di tengah panasnya Surabaya, Ciputra Waterpark bisa jadi pilihan. Tempat yang punya tema Petualangan Sinbad ini sangat cocok untuk anak-anak karena banyak wahana menarik.

Surabaya Carnival


Banyak wahana yang tersedia di theme park yang bukanya pukul 16.00-24.00 ini. Selain permaninan, ada night market juga, lho, buat yang suka belanja.

Saat lapar melanda, jangan lewatkan wisata kuliner lezat khas Surabaya, seperti:

Sate Klopo Ondomohen Ny Asih


Sate ini sangat unik karena dihidangkan dengan parutan kelapa di atasnya.

Soto Lamongan Cak Har


Soto Lamongan sangat terkenal di Surabaya dan yang paling enak ada di Soto Lamongan Cak Har. Soto disajikan dengan kuah santan, daging ayam, babat, atau ceker ayam.

Es Krim Zangrandi


Es krim yang satu ini sudah melegenda sejak 1933. Lokasinya di Jalan Yos Sudarso dan sangat populer di kalangan wisatawan.

Kepiting Cak Gundul 1992


Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1992 ini punya menu kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare yang tidak boleh kamu lewatkan.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz


Rujak cingur ada banyak banget di Surabaya. Kalau bingung, coba mampir ke Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang sudah terjamin enaknya. Rujak ini terdiri dari sayur, buah, dan lontong yang disiram dengan bumbu kacang dan petis.

Kalau sudah menghemat budget traveling dengan menginap di hotel murah di Surabaya, berarti kamu bisa mengalokasikan sisa dana untuk membeli oleh-oleh untuk kerabat atau teman di rumah. Mampir ke Pasar Turi yang menjual barang-barang grosir dengan harga murah.

Untuk kamu yang ingin mencicipi rujak uleg beramai-ramai dengan warga Surabaya, Festival Rujak Uleg yang digelar di Jalan Kembang Jepun patut dicoba. Warga yang mengikuti festival tahunan itu biasanya mampu memadati seluruh Jalan Kembang Jepun.

Festival tahunan lainnya di Surabaya yang tak kalah menarik ialah Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan yang digelar di Jalan Tunjungan . Selama 12 jam, warga kota bisa menikmati kuliner khas Suroboyoan yang disajikan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Program Pahlawan Ekonomi.

Informasi Hotel di Surabaya


Tertarik mengunjungi Surabaya? Ada banyak jenis transportasi yang bisa kamu pilih untuk pergi mengunjungi kota ini. Mulai dari pesawat, kereta, kapal pelni, hingga bus yang dapat kamu sesuaikan dengan budget liburanmu.

Di Surabaya, kamu bisa menginap di berbagai hotel, mulai dari hotel dengan harga murah sampai yang berbintang. Harga kamar hotel di kota ini juga sangat terjangkau, apalagi kalau kamu memesannya dari jauh-jauh hari. Kalau butuh rekomendasi hotel, segera cek Mister Aladin. Ada banyak pilihan untuk hotel di Surabaya yang bisa kamu booking. Seru banget, ya, ternyata liburan di Surabaya. Jadi, tidak perlu ragu lagi buat menjadikan menjadikan kota ini sebagai tujuan wisatamu berikutnya!
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point