Hotel di Solo - Surakarta

Cari hotel dan cek harga kamar hotel di Solo - Surakarta

Harga ALL-IN

Informasi Hotel di Solo - Surakarta


Kota ini terletak tidak jauh dari Yogyakarta. Meskipun begitu, kota yang juga dikenal sebagai Surakarta ini adalah bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Berbatasan langsung dengan Solo adalah Boyolali dan Karanganyar. Di kota ini, masyarakatnya terkenal ramah dan lemah lembut.

Solo merupakan kota pilihan tujuan wisata selain Yogyakarta untuk mengenal dan belajar budaya Jawa. Memiliki akar yang sama di masa lalu, Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki banyak kemiripan, terutama yang paling bisa dilihat adalah dalam arsitektur bangunan keraton. Seperti Yogyakarta, kompleks Keraton Solo merupakan tujuan favorit wisatawan ketika berkunjung ke Solo.

Tempat-Tempat Wisata di Solo


Dengan kekayaan budayanya, keraton dan museum merupakan pilihan utama wisata.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Lebih dikenal sebagai Keraton Solo, tempat ini merupakan kompleks istana Surakarta Hadiningrat. Kompleks ini terdiri dari berbagai bangunan mulai dari sebuah joglo bernama Sasana Handrawina, Pendhopo Ageng Sasana Sewaka, Panggung Songgo Buwono yang merupakan sebuah menara, bangsal-bangsal di kompleks Siti Hinggil, dan bekas bangunan perkantoran yang sekarang menjadi Museum Keraton Surakarta. Didominasi warna biru muda, bangunan-bangunan di kompleks keraton ini memiliki arsitektur khas Jawa dan masih dalam kondisi baik.

Museum Keraton Surakarta
Masih berada di dalam kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, bangunan yang memiliki gebyok khas Jawa berwarna putih dan biru muda ini merupakan ruang pamer bagi benda-benda khas Keraton Surakarta. Memiliki 13 ruangan, museum ini memiliki ruang foto, ruang arca, ruang patung kuda, ruang kesenian rakyat, ruang alat upacara, dan lain-lain.

Ndalem Mloyokusuman
Tidak jauh dari Keraton Surakarta dan Museum Keraton Surakarta, tempat ini merupakan rumah tradisional Jawa milik putra dari Pakubuwono IX yaitu GPH Mloyokusumo. Beliau merupakan seorang empu atau pembuat keris di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Seperti rumah tradisional Jawa pada umumnya, rumah ini terdiri dari pendopo, pringgitan, ndalem, dan gandhok. Dengan cat berwarna biru muda, Ndalem Mloyokusuman merupakan simbol lain kemegahan budaya Jawa dan Kasunanan Surakarta di masa lalu.

House of Danar Hadi
Terkenal sebagai merek batik, Batik Danar Hadi ternyata tidak hanya memiliki produk-produk batik tetapi juga mengelola sebuah museum. Masih berkaitan dengan mereknya, House of Danar Hadi merupakan kompleks museum dan galeri batik di Solo. Bangunan di kompleks ini merupakan cagar budaya dan kediaman keluarga Pakubuwono IX dan Pakubuwono X di masa lalu. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam batik di museumnya, sedangkan di galerinya sendiri kamu bisa membeli batik untuk dibawa pulang.

Museum Radya Pustaka
Sebagai museum tertua di Indonesia, museum ini dibangun pada tahun 1890 oleh seorang patih di masa pemerintahan Pakubuwono IX dan Pakubuwono X. Di dalam museum ini terdapat sebuah ruang kecil berisi buku-buku dan kitab-kitab antik. Kalau kamu mau baca buku dan kitab di sini, kamu harus pakai sarung tangan karet seperti dokter bedah, lho. Membuka halaman per halamannya pun harus sangat hati-hati dan dipandu oleh pustakawan. Kebanyakan buku dan kitab ditulis dengan aksara Jawa yaitu Honocoroko dan bercerita tentang sejarah dan budaya Jawa di masa lalu. Selain itu kamu juga bisa melihat berbagai arca, senjata, gamelan, koleksi keramik, dan masih banyak lagi.

Pasar Klewer
Alternatif lain bagi kamu yang ingin membeli batik di Solo adalah di Pasar Klewer. Berlokasi di Jalan Dr. Radjiman dan tidak jauh dari komplek Keraton Surakarta, Pasar Klewer mengalami kebakaran di tahun 2014. Sejak saat itu Pasar Klewer Sementara berada di Alun-Alun Utara Keraton Surakarta. Di sini kamu tetap bisa mencari dan berbelanja batik dengan banyak sekali pilihan model, motif, dan harga. Pasar ini terkenal dengan harga batiknya yang sangat miring.

Pandawa Water World
Terletak di kawasan Solo Baru, di sini kamu bisa bermain air di kolam arus, berbagai macam perosotan, dan kolam dengan pancuran dari dasar lantai, dan ada pula kolam bagi anak-anak dan balita yang tidak terlalu dalam. Yang menarik di taman air ini adalah konsep yang diusung sangat khas Jawa, yaitu pewayangan. Di sini kamu akan disambut oleh dua patung Yudhistira dan Drupadi yang sangat besar. Selain itu ada pula patung kepala Kresna yang sangat besar menempel di sisi tebing taman air ini.

Hotel di Solo ala Mister Aladin


Puas mengeksplorasi dan belajar budaya Jawa di Solo, kamu pasti ingin langsung merebahkan diri dan beristirahat. Nah, supaya kamu bisa menikmati waktu istirahat yang berkualitas, kamu harus cari hotel yang sesuai. Di Solo, kamu bisa menemukan banyak pilihan hotel murah. Salah satu pilihannya, kamu bisa booking hotel di Aston Solo Hotel. Selain itu, kamu juga bisa pesan hotel di Lorin Solo Hotel atau Alila Solo.

Kalau mau tahu lebih banyak, coba, deh, cek Mister Aladin. Dengan banyak pilihan hotel dan harga kamar, kamu pasti bisa menemukan hotel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu selama di Solo.

Daftar/log in untuk melihat harga dengan diskon hingga 30% khusus untuk member!

Sign In Now