Search Hotel or Destination

Simple Search
 
  • sampai
  • sampai
  • sampai
× Close


Hotel di Cirebon

Cari hotel dan cek harga kamar hotel di Cirebon





    Informasi Hotel di Cirebon


    Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Pada awalnya Cirebon berasal dari kata sarumban. Cirebon adalah sebuah dusun kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa. Lama-kelamaan Cirebon berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yang kemudian diberi nama Caruban (carub dalam bahasa Cirebon artinya bersatu padu). Diberi nama demikian karena di sini bercampur pendatang dari berbagai suku bangsa.
    Berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di sebelah barat, Cirebon merupakan perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Lokasinya yang merupakan perbatasan dua provinsi menjadikan kota ini memiliki ciri khas terutama dalam bahasa dan dialek sehari-hari.

    Tempat Wisata di Cirebon


    Ternyata di kota yang nggak terlalu besar ini banyak tersimpan cerita sejarah dan bisa kamu lihat melalui peninggalan-peninggalan yang sekarang menjadi objek wisata sejarah.
    Keraton Kasepuhan
    Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Pintu gerbang utama Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di sebelah utara dan pintu gerbang kedua berada di selatan. Gerbang utara disebut Kreteg Pangrawit berupa jembatan, sedangkan di sebelah selatan disebut lawang sanga (pintu sembilan). Landmark keraton ini adalah dua patung macan putih sebagai lambang keluarga besar Pajajaran (keturunan Prabu Jaya Dewata (Silih Wangi)) di Taman Bunderan Dewandaru pada area utama keraton Kasepuhan. Di area keraton ini juga terdapat beberapa museum seperti Museum Benda Kuno dan Museum Kereta Singa Barong.
    Museum Benda Kuno Keraton Kasepuhan
    Masih berada di area kompleks Keraton Kasepuhan, museum ini menyimpan benda-benda peninggalan keraton dan kesultanan, serta Sunan Gunung Jati. Di sini kamu bisa melihat berbagai koleksi gamelan mulai gamelan yang asli berasal dari Cirebon, Banten, bahkan dari Demak. Usia gamelan ini rata-rata sudah berabad-abad, lho, bahkan ada yang masih bisa dibunyikan. Selain itu, di sini kamu bisa melihat baju-baju besi bekas rampasan perang dari Portugis, senjata tradisional seperti keris dan tombak, serta benda-benda dari Mesir dan China.
    Museum Kereta Singa Barong
    Sama seperti Museum Benda Kuno, Museum Kereta Singa Barong berada di kompleks Keraton Kasepuhan. Di sini kamu bisa melihat kereta kencana milik Kesultanan Cirebon yaitu Kereta Singa Barong. Kereta ini dibuat pada tahun 1549. Wah, udah tua banget, ya! Masih bisa jalan? Sayangnya enggak. Fungsinya untuk kirab pada 1 Suro digantikan dengan kereta replikanya. Tapi kereta ini masih rutin ‘dimandikan’ atau dicuci setiap 1 Suro juga. Selain itu di dalam museum ini kamu bisa melihat berbagai koleksi senjata, lukisan Prabu Siliwangi, dan tandu milik anak-anak raja di masa lalu.
    Taman Sari Gua Sunyaragi
    Taman ini merupakan tempat peristirahatan sultan pada zaman dulu. Bentuknya memang taman dengan banyak area terbuka, hanya saja taman ini juga memiliki banyak goa yang rendah sehingga kalau kita mau masuk, kita harus menunduk. Jadi hati-hati, ya! Taman ini memiliki cerita dan mitos mengenai jodoh. Katanya kalau kamu megang patung batu Perawan Sunti, nanti kamu jadi sulit jodoh. Patungnya yang mana susah ketauan kalau kamu jalan sendiri, jadi lebih baik pakai guide. Sebaliknya, kalau kamu masuk ke Goa Kelanggengan, nanti kamu akan enteng jodoh dan langgeng. Wah, boleh nih dicoba ke sini yang masih jomblo.
    Bukit Gronggong
    Bosen sama Puncak yang tiap weekend pasti crowded? Coba main ke Bukit Gronggong. Lokasi bukit ini berada di tengah jalur antara Cirebon dan Kuningan. Di sini ada banyak restoran tempat kamu bisa makan dan nongkrong sambil menikmati pemandangan. Lebih seru kalau kamu ke sini malam hari, jadi kamu bisa liat lampu-lampu Kota Cirebon. Tapi siang juga nggak apa-apa sih, soalnya katanya kamu bisa liat pesawat-pesawat lagi latihan manuver. Wih, keren!

    Kuliner Khas Cirebon


    Nasi Jamblang
    Pada awalnya nasi jamblang ini sebenarnya adalah makanan yang diperuntukkan bagi para pekerja kasar dan kaum buruh. Nasi jamblang sebenarnya hanya nasi dan lauk-pauk, yang membedakan adalah pembungkusnya. Kalau biasanya kita beli nasi bungkus dibungkus pakai kertas nasi atau daun pisang, nasi jamblang dibungkus menggunakan daun jati. Katanya sih kalau dibungkus daun jati, nasi dan lauk pauk ini bisa lebih tahan lama. Penasaran? Coba ke Nasi Jamblang Mang Dul di Jalan Cipto Mangunkusumo, Cirebon. Psst, ini langganannya Pak SBY lho.

    Hotel di Cirebon ala Mister Aladin


    Buat kamu pencinta sejarah, pasti udah nggak sabar untuk jalan-jalan dan mengeksplor Cirebon. Selain kamu harus nyiapin fisik yang oke biar kuat keliling-keliling, kamu juga harus booking hotel untuk tempat kamu menginap. Jangan khawatir, Cirebon punya banyak pilihan hotel, kok. Beberapa di antaranya ada Cordela Hotel, Batiqa Hotel, dan Aston Cirebon Hotel and Convention Center.
    Nggak cuma tiga itu, tapi juga ada banyak pilihan lainnya. Nah, langsung aja liat dan pesan hotel di Mister Aladin. Di sana kamu bisa pilih juga hotel murah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu. Dan yang pasti, dengan harga kamar terbaik!


    Want a Rp 150K hotel voucher?

    Kenapa Kamu Harus Pesan Kamar Hotel Online di Mister Aladin?

    • Hotel Murah

      Cari hotel murah dengan penawaran terbaik.

    • Jaminan Transaksi Online yang Aman

      Dengan teknologi Rapid SSL, booking hotel online murah dan transaksi lainnya di Mister Aladin terjamin privasi dan keamanannya.

    • Tanpa Biaya Tambahan

      Pembelian seluruh produk dan promo hotel di Mister Aladin tidak dikenakan biaya tambahan atau biaya tersembunyi di akhir transaksi.

    • Proses Pembayaran yang Mudah & Cepat

      Konfirmasi langsung untuk pembayaran melalui kartu kredit, internet banking, bank transfer & ATM.

    • Layanan Customer Terbaik

      Mau pesan hotel online termurah atau jalan-jalan hemat di destinasi favoritmu? Tim Mister Aladin selalu siap membantu!



    Back to top