Tentang Cirebon


Wilayah Cirebon menjadi pembatas Jawa Barat dan Jawa Tengah. Karena itulah suku asli warga Cirebon terbagi menjadi dua, yakni Suku Jawa dan Suku Sunda. Keunikan inilah yang membawa Cirebon sebagai destinasi wisata baru di Jawa Barat.
Selain kaya akan budaya, Cirebon juga kaya akan wisata sejarah, religi, dan kuliner. Tak heran jika kini akses untuk menuju Cirebon dipermudah oleh pemerintah dengan hadirnya Tol Cipali dan jalur kereta.

Tempat Wisata di Cirebon


Cirebon sangat identik dengan wisata religi. Hal itu dipengaruhi masa lalu Cirebon yang menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa Barat. Namun, wisata budaya dan sejarah di Cirebon juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Gua Sunyaragi


Nama Sunyaragi berasal dari Bahasa Sansekerta. Sunya yang berarti sepi dan ragi yang berarti raga. Tujuan utama didirikannya gua ini adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Keraton Kasepuhan


Keraton termegah di Cirebon ini hingga kini masih berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon. Kamu bisa belajar mengenai sejarah Kasultanan Cirebon di sini, karena keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka, serta lukisan koleksi kerajaan.

Alun-alun Kejaksaan


Terletak di depan Masjid Raya At-Taqwa, alun-alun ini kerap menjadi tempat berkumpulnya warga. Ada banyak jajanan yang bisa kamu nikmati sembari bersantai di alun-alun ini.

Gereja Katolik St. Yusuf


Gereja katolik tertua di Jawa Barat ini masih terus beroperasi untuk kegiatan keagamaan. Mengandung banyak nilai historis, menjadikan gereja ini wajib dikunjungi jika kamu berkunjung ke Cirebon.

Vihara Dewi Welas Asih


Awalnya vihara ini bernama Tiau Kak Sie. Tiau artinya air naik atau pasang, kak artinya bangun dari tidur, membangunkan atau membawa kepada akal yang benar, dan sie artinya rumah orang beribadat (tempat bertapa). Karena itulah vihara ini bermakna tempat yang dibangunkan oleh air pasang dan bisa juga berarti tempat akal bertambah.

Cirebon juga memiliki wisata alam yang ciamik, lho!

Pantai Kejawanan


Pantai ini berada di kawasan Jalan Yos Sudarso, dekat dengan pelabuhan. Namun, lebih terkenal sebagai pusat pengobatan alternatif. Padahal pemandangan indahnya saat matahari terbenam sangat indah.

Taman Kera Plangon


Taman satu ini konon katanya memiliki jumlah kera yang selalu sama sejak dulu, tidak pernah berkurang karena mati atau bertambah karena melahirkan. Taman Kera Plangon terletak di desa Babakan, kecamatan Sumber.

Banyu Panas Paliman


Tempat wisata ini memiliki pemandian air panas. Airnya berasal dari Gunung Kromong yang mengandung belerang. Tempat ini sering digunakan orang untuk mengobati penyakit kulit.

Ada pula theme park-theme park seru di Cirebon untuk kamu kunjungi bersama keluarga.

Ade Irma Suryani


Waterpark satu ini menjadi unggulan di Cirebon. Terdapat 3 macam kolam air yang cocok untuk keluarga. Selain itu kamu juga bisa menginap di cottage berbentuk rumah kayu yang unik!

Siwalk


Selain waterpark, di kawasan wisata ini juga ada outbound seru yang wajib dikunjungi bersama keluarga.

Cirebon terkenal dengan kuliner-kuliner khasnya, seperti:

Nasi Jamblang


Rahasia lezatnya hidangan satu ini adalah nasi yang disimpan di daun jati. Beragam lauk yang bisa kamu pilih, seperti sambal goreng ati, sate kentang, ikan asin, semur, perkedel, telur, hingga blakutak, cumi yang dimasak bersama dengan tintanya, menjadi paduan ciamik!

Empal Gentong


Makanan satu ini adalah ikon Cirebon. Terbuat dari daging empuk yang dimasak dengan kuah khusus.

Mie Koclok


Mie Koclok adalah hidangan yang terdiri dari mie yang dimasak dengan kuah santan mirip kari dan disajikan dengan ayam suwir, telur, tauge dan topping lainnya.

Letaknya di pesisir Pulau Jawa menjadikan Cirebon terkenal akan hasil lautnya, terutama udang, dan juga motif batiknya. Karena itu jangan lupa membeli oleh-oleh khas Cirebon tersebut.

Batik Trusmi


Pusat penjualan batik di Cirebon ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Ada banyak sekali motif batik yang dapat kamu pilih dengan harga terjangkau.

Toko Daud


Toko ini menjual segala makanan dan camilan khas Cirebon, seperti kerupuk udang, terasi, manisan mangga, sampai aneka keripik. Ada pula batik-batik cantik Cirebon yang memiliki ciri khas warna yang cerah.

Lawang Abang


Terletak di Jalan Pemuda, Cirebon, tempat ini sebenarnya adalah kafe, namun juga menjual berbagai kerajinan UKM mulai dari kursi dan meja makan, aneka kendi, celengan, wayang, jam tangan kayu, hiasan dinding, sampai batik.

Di Cirebon juga ada festival maupun tradisi tahunan yang menjadi daya tarik wisata, seperti:

Festival Pesisiran


Festival Seni dan Budaya Pesisiran ini menampilkan seni budaya dari 5 provinsi di pesisir utara Jawa, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Cirebon sendiri biasa menampilkan kesenian unggulannya seperti topeng, tarling, gamelan renteng, gembyung, brai, genjring akrobat, dan wayang kulit.

Nadran


Tradisi tahunan ini merupakan rasa syukur para nelayan atas hasil laut tahun ini. Sebuah sesajen yang terdiri dari dua kepala kambing, buah-buahan, makanan, dan hasil tangkapan laut ditaruh di perahu mini yang ukurannya 4x1 meter. Sesajen tersebut kemudian diarak dan dibuang ke laut.

Informasi Hotel di Cirebon


Sebagai destinasi wisata baru di Jawa Barat, akomodasi di Cirebon sudah mulai memadai. Mulai dari hotel bintang 3 hingga kamar penginapan murah tersebar di berbagai wilayah Cirebon.

Sesuaikan akomodasimu dengan budget dan gaya liburanmu. Untuk dapatkan diskon dan promo menarik lainnya, cek di Mister Aladin, ya!
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point