Tentang Jakarta


Jakarta adalah salah satu kota terpenting di Indonesia dengan sejarah panjang yang menarik untuk kamu jelajahi. Sempat berganti nama beberapa kali, mulai dari Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, hingga Jakarta, dan diduduki oleh para penjajah, kota ini semakin besar dan berkembang semenjak ditetapkan menjadi Ibu Kota Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Meski menjadi kota terpadat di Indonesia karena menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia, Jakarta menawarkan banyak daya tarik wisata yang mampu membuat kamu terkesima.

Tempat Wisata di Jakarta


Sebagai kota yang memiliki sejarah panjang, kamu dapat mempelajari kisah tentang Jakarta di zaman dahulu dengan mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah, seperti:

Kota Tua


Area wisata sejarah yang terletak di Jakarta Barat ini memiliki beragam museum menarik berisi sejarah Jakarta dan Indonesia di masa lampau dengan arsitektur unik khas Eropa dan Tiongkok peninggalan masa penjajahan. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di depan Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank indonesia, hingga Museum Seni Rupa dan Tekstil. Jika ingin masuk dan melihat benda-benda bersejarah peninggalan masa lampau, kamu perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau.

Monas


Ikon Jakarta ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Di puncak Monas terdapat cawan yang menopang nyala lampu perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kilogram. Monumen setinggi 132 meter ini buka setiap hari, kecuali hari Senin, mulai pukul 08.00-15.00. Di Monas, kamu bisa menambah wawasan seputar sejarah Indonesia serta menikmati taman dan berbagai jajanan kuliner.

Jika kamu memiliki jiwa petualang yang ingin mengeksplorasi alam Jakarta, kamu bisa mengunjungi wisata alam, seperti:

Hutan Mangrove


Hutan di Pantai Indah Kapuk ini memiliki hutan mangrove (bakau) yang cocok sebagai tempat menikmati keasrian alam di tengah hiruk pikuk Jakarta. Lokasi ini belakangan sangat populer sebagai tempat fotografi. Sayangnya, pengunjung dikenakan biaya cukup mahal jika membawa kamera ke dalam area ini.

Taman Suropati


Taman di daerah Menteng ini adalah salah satu taman yang paling favorit. Dipenuhi pepohonan rindang, taman ini jadi lokasi pilihan warga sekitar untuk lari pagi dan olahraga. Pengunjung pun pasti betah berlama-lama sembari menikmati sejuknya udara tanpa asap kendaraan.

Kepulauan Seribu


Tak hanya menyuguhkan hiruk pikuk, Jakarta juga menawarkan keindahan alami melalui pantai di Kepulauan Seribu yang berada di sisi utara Jakarta. Kamu perlu menggunakan kapal untuk dapat menjangkau Kepulauan Seribu yang memiliki banyak pulau cantik nan ciamik.


Selain wisata sejarah, kamu juga dapat menikmati wisata kuliner khas Jakarta yang menggugah selera, mulai dari jajanan kaki lima hingga restoran unik, seperti:

Jalan Sabang


Sabang menjadi nama jalan di Jakarta Pusat yang sangat populer bagi kalangan turis budget mancanegara. Di sekitar daerah ini terdapat beragam restoran dan jajanan pinggir jalan dengan harga ramah di kantong.

Pasar Santa


Pasar Santa adalah salah satu tempat nongkrong yang populer di kalangan anak muda. Berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi Jakarta Selatan, Pasar Santa menghadirkan pujasera dengan berbagai makanan unik seperti hotdog hitam dan es warna-warni.

Lenggang Jakarta


Jika kamu mengunjungi Monas, jangan lupa mampir ke Lenggang Jakarta. Pujasera di salah satu sudut Monas ini adalah jawaban Pemprov Jakarta untuk pusat jajanan kuliner berkualitas dengan harga terjangkau.

Jalan Senopati


Di sepanjang jalan ini dipenuhi deretan restoran dan kafe di Jakarta Selatan yang tak hanya menawarkan spot foto instagrammable, tapi juga cita rasa makanan yang lezat dengan harga bervariasi.

Menghabiskan waktu bersama teman tentu menjadi hal yang menyenangkan. Tak perlu khawatir, di Jakarta ada banyak tempat untuk hang out, seperti kedai-kedai kopi ini:

One Fifteenth Coffee


Berlokasi di Jl. Gandaria 1 No. 63, Jakarta Selatan, One Fifteenth Coffee jadi salah satu kedai kopi di Jakarta yang patut kamu kunjungi. Memiliki desain interior minimalis yang mampu membuat kamu nyaman, harga yang ditawarkan untuk beragam variasi kopi juga terjangkau.

Giyanti Coffee Roastery


Di kedai kopi yang terletak di Menteng ini, kamu bisa nongkrong bareng teman sambil minum kopi dan memainkan permainan rumahan seperti Uno Stacko, lho! Soal kenyamanan, jangan khawatir, karena tempatnya didesain sesuai dengan gaya anak muda masa kini dan kopinya pun berasal dari biji kopi asli nusantara.

Woot Coffee & Mates


Kata woot sendiri merupakan bahasa slang yang sedang menjadi tren di barat karena mengartikan keceriaan. Interior dalamnya didominasi warna abu dan kuning. Ceria banget, kan? Selain minum kopi, kamu bisa juga pesan martabak manis dari Martabak Boss yang memang bekerja sama dengan kedai kopi di Jalan Gunawarman ini.

Jakarta juga memiliki theme park seru yang tak boleh dilewatkan, seperti:

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


Seperti namanya, TMII merupakan miniatur Indonesia. TMII sebenarnya dibangun bukan hanya untuk tujuan wisata, melainkan juga untuk edukasi. Karena itu, TMII sangat populer sebagai tempat wisata keluarga dan edukasi. Dengan luas mencapai 150 hektar, TMII dipenuhi hamparan taman bermain dan museum. Jika ingin tahu tentang budaya dan keunikan flora-fauna Indonesia, TMII adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Taman Impian Jaya Ancol (TIJA)


Theme park di Jakarta Utara ini memiliki beragam wahana permainan berteknologi tinggi. Salah satu yang paling populer adalah Dunia Fantasi (Dufan), Waterpark Atlantis, dan akuarium air laut SeaWorld. Bukan cuma sebagai wahana hiburan, TIJA dikenal juga sebagai pusat edutainment di Indonesia. Di TIJA juga terdapat Pasar Seni Ancol yang mengakomodasi seniman lokal untuk memasarkan seni lukis dan kerajinan lainnya. Lokasi TIJA yang berada di Teluk Jakarta juga menghadirkan deretan restoran di pinggir pantai.

Sebagai ibu kota, Jakarta mampu menghibur masyarakatnya dengan hadirnya beragam festival tahunan, seperti

Java Jazz Festival, Djakarta Warehouse Project (DWP), dan We The Fest (WTF)

. Di bidang fashion, Jakarta Fashion Week (JFW) juga hadir menjadi ajang unjuk bakat para desainer muda Tanah Air.

Bagi para pecinta seni lukis, Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN) dan Galeri Nasional menjadi 2 museum bergengsi untuk tempat mencari inspirasi.

Informasi Hotel di Jakarta


Menjelajahi Jakarta memang butuh banyak waktu. Untungnya, banyak kamar hotel yang tersedia dan bisa kamu pesan secara online. Tentunya jika beruntung, saat booking hotel kamu bisa dapat promo dan diskon menarik, lho!

Banyak tipe hotel di seluruh kota Jakarta yang bisa kamu booking lewat Mister Aladin, mulai dari hotel bintang lima sampai dengan penginapan sekelas bintang dua, dan banyak lagi hotel lainnya yang sesuai dengan budget dan gaya liburan kamu. Sudah makin mantap, kan, untuk menghabiskan liburan kamu di Jakarta? Yuk, jalan-jalan hemat dengan Mister Aladin.
Mister Aladin Mobile Search Icons Mister Aladin Hotels Unique Selling Point Mister Aladin Flights Unique Selling Point Mister Aladin Trains Unique Selling Point