29.Jan.2020

Super Enak! Ini 6 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia


Kuliner khas Indonesia memang memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya. Terkenal dengan keragamannya, mulai dari adat, budaya, hingga suku bangsa, membuat Indonesia melahirkan berbagai macam kuliner dengan cita rasa yang khas. Hebatnya lagi, banyak kuliner khas Indonesia saat ini sudah populer dan menjadi favorit di berbagai belahan dunia.

0
0
0

Kelezatan kuliner khas Indonesia ini nggak cuma bikin lidah orang Indonesia ketagihan, tapi juga untuk warga luar negeri. Memiliki rasa yang kaya akan rempah, nggak heran kalau warga luar negeri juga suka makanan khas Indonesia. Nah, kira-kira kuliner apa aja, ya, yang sudah mendunia? Simak ulasan Mister, yuk!

1. Nasi Goreng

Sumber foto: https://www.masakapahariini.com/resep/resep-nasi-goreng-kecap-pedas/

Nasi goreng adalah salah satu menu andalan warga Indonesia. Dari anak-anak sampai orang tua pasti suka. Nasi goreng memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Memang sih, awalnya nasi goreng adalah makanan yang aneh. Ya masa nasi yang udah mateng, kok digoreng lagi? Tapi gak bisa dipungkiri kalau cita rasa nasi goreng ini nge-hits banget ampe sekarang bahkan populer di dunia.

Personil girl band Red Velvet, Seulgi pun mengakui kalau dirinya suka banget sama nasi goreng ketika mencicipinya. Katanya, dari beberapa nasi goreng yang Seulgi cobain, cuma di Indonesia ini yang paling enak. Tuh, kaaan, siapa coba yang gak suka nasi goreng apalagi kalo dijadikan sebagai menu saat sarapan. Terbaique, sih~

2. Rendang

Sumber foto: https://www.beepdo.com/read/61140/resep-rendang-daging-sapi-yang-enak-dijamin-nagih

Kuliner yang berasal dari Padang ini juga gak kalah enaknya. Bumbunya yang kaya akan rempah bikin siapa saja gak akan sanggup untuk menolaknya. Lebih-lebih gak bisa nolak ajakan gebetan, deh, pokoknya. Hehehe. Rasanya yang khas dan daging yang empuk jadi faktor penentu utama dari rendang itu sendiri.

Bahkan menurut beberapa sumber, pada tahun 2017 CNN memberikan urutan 50 makanan terenak di dunia kepada rendang. Rendang menjadi salah satu makanan yang menduduki peringkat pertama dengan ke-khasan bumbu dan dagingnya yang empuk. Di Facebook, rendang juga meraih 35.000 voting untuk jadi makanan terenak di dunia. Hmm, jadi pengen makan nasi padang, nih. Hehe.

3. Bakso

Sumber foto: https://www.whiteboardjournal.com/living/places-to-go-bakso-wijaya-kusuma-pak-gondrong/

Kalo menurut Mister, bakso itu makanan yang selalu dicari dalam segala cuaca. Mau cuaca hujan atau cuaca panas, pasti bakso selalu dicariin. Mister jadi pengin kayak bakso, biar selalu dicariin. Hehe. Segernya kuah bakso dan campuran daging dengan tepung gak cuma manjain lidah warga +62 aja, tapi juga warga luar negeri.

Meski awalnya berasal dari dataran China, bakso khas Indonesia sukses jadi makanan favorit mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Bakso jadi makin populer dan mendunia saat banyak varian baru rasa bermunculan. Seperti bakso keju, bakso telur puyuh, dan lain sebagainya.

4. Sate Ayam

Sumber foto: https://www.idntimes.com/food/recipe/putriana-cahya/resep-bumbu-sate-ayam-praktis-dan-tahan-lama-idul-adha-makin-istimewa

Aduh, apalagi makanan yang satu ini, pasti jadi favorit hampir semua orang. Setuju gak? Olahan daging ayam yang ditusuk kemudian dibakar hingga matang dan disantap dengan bumbu kacang ini ternyata juga hits banget di luar negeri. Kabarnya, ada restoran yang khusus menjual sate di New York, Amerika Serikat, namanya Satay Junction.

Bukan cuma itu, di Jepang juga, tepatnya di Kota Beppu di Pulau Kyusu, seorang warga negara Indonesia mendirikan restoran yang menjual sate ayam. Gak disangka, menu ini laris banget, nggak cuma sama orang Indonesia tapi juga warga Jepang. Mantaplah, pokoknya sate ayam ini!

5. Tempe

Sumber foto: https://parenting.orami.co.id/magazine/ini-4-alasan-kenapa-kita-harus-makan-tempe-dibanding-protein-lain/

Hampir kebanyakan orang pasti kenal sama jenis makanan yang terbuat dari kedelai ini. Tempe ini pasti selalu ada di menu masakan warga Indonesia. Mau di tumis, di goreng untuk lauk, atau dibuat sayur, pasti ada. Saking fenomenalnya tempe, membuat banyak pengusaha tempe membuka warung tempe di negaranya masing-masing, salah satunya warung tempe di London, Inggris, yang diberi nama “Street Food Tempeh”.

6. Gudeg

Sumber foto: https://gudegyudjumpusat.com/nasi-gudeg-telur-dada-ayam.html

Siapa yang nggak kenal dengan kuliner khas Yogyakarta yang satu ini? Campuran krecek, nangka muda dan telur rebus yang disajikan dengan nasi ternyata jadi hidangan favorit di mancanegara khususnya di Melbourne, Australia. Gudeg ini memiliki rasa manis pedas yang khas sehingga nggak heran kalau banyak warga luar negeri memburunya. Permintaan gudeg untuk bisa diawetkan di dalam kaleng terus meningkat dan semakin digemari setiap tahunya, sehingga bisa di ekspor ke luar negeri.

Itulah beberapa kuliner khas Indonesia yang mendunia. Pasti udah pada ngiler kan bacanya? Yuk, ah kita berburu kuliner Indonesia sebelum perut keroncongan!

Komentar