21.Nov.2016

Bukan Cuma Tom Yam, 10 Makanan Khas Bangkok Ini Juga Wajib Kamu Cobain!


Perut kenyang pangkal liburan senang. Pepatah ini harus diamini semua orang yang lagi jalan-jalan ke mana pun, termasuk ke Bangkok, Thailand. Kota yang masuk dalam daftar tempat dengan jajanan pinggir jalan terenak sedunia ini nggak akan keabisan makanan untuk disodorin ke lidah kamu. Selain tom yam goong yang selalu bikin ketagihan, 10 makanan khas Bangkok ini aroi mak mak alias lezat banget banget banget!

0
0
0

 

1. Pad Thai

Prawn Pad Thai Recipe | How To Make Prawn Pad Thai

sumber foto: https://schoolofwok.co.uk/tips-and-recipes/pad-thai-with-prawns

Kepopuleran makanan yang satu ini kejar-kejaran, deh, sama tom yum goong. Pad Thai adalah bihun yang ditumis dengan saus ikan, telur, dan seafood/daging ayam/daging babi. Setelah mateng, bihun kemudian ditabur gula, parutan kacang, bubuk cabai, terus dikasih perasan jeruk nipis, deh. Kebayang, kan, betapa rame rasanya?

 

2. Khanom Bueang

Kanom Buang kue leker khas Thailand

sumber foto: https://beritagar.id/artikel/piknik/kanom-buang-kue-leker-khas-thailand

Bisa dibilang makanan yang satu ini adalah taco-nya Thailand. Crepe yang dikasih meringue dan parutan kelapa kering pas banget untuk dibeli dan dibungkus buat dibawa pulang. Bisa jadi camilan temen nonton TV! Kamu juga sah-sah aja beli dan langsung makan di tempat, karena makanan ini jadi terasa makin renyah dilahap saat masih hangat. Nikmat banget, deh!

 

3. Tod Mun Pla Krai

tod mun pla krai

sumber foto: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Thanin_market_tod_man_pla.jpg

Susah nyebut namanya? Sama Mister juga! Biar gampang nginget, mending kamu nyebut dengan nama lain dari makanan ini: perkedel ikan. Dibuat dari campuran ikan, telur, daun jeruk nipis, cabai kering, dan bahan eksotis lainnya. Sebagaimana kebanyakan makanan pada umumnya, tod mun pla krai paling enak dinikmati selagi hangat. Jangan lupa dicelup dulu ke saus pedasnya sebelum dikunyah!

 

4. Kanom Krok

kanom krok

sumber foto: https://web.facebook.com/HugThailand/posts/kanom-krok-is-a-a-thai-coconut-pudding-made-of-ground-jasmine-rice-and-coconut-m/1703197853065757/?_rdc=1&_rdr

Kanom krok sendiri sebenernya adalah sebutan untuk tempat memasak makanan ini. Bentuk dan cara masaknya mirip-mirip kue pukis kita di sini, deh. Makanan yang terbuat dari tepung ini paling nikmat dilahap dalam keadaan setengah mateng, masih lembek di tengah, empuk-empuk di bagian pinggirnya. Sekali nyoba, pasti susah berhenti. Jangan salahin Mister kalau kamu buru-buru pengin liburan ke Bangkok lagi setelah mencicipi makanan ini!

 

5. Es Krim Kelapa

coconut ice cream

sumber foto: http://travelfoodiemy.blogspot.com/2015/05/food-chatuchak-weekend-market-coconut.html

Wisata kuliner nggak bakalan lengkap rasanya tanpa nyobain berbagai macam makanan pencuci mulut. Nah, es krim kelapa di Bangkok paling pas dimakan setelah kamu jalan muter-muterin Pasa Chatuchak. Di sana ada banyak penjual yang menyajikan camilan dingin ini. Toppingnya pun bervariasi banget, mulai dari nasi ketan, jagung, sampai kacang hijau.

 

6. Khao Niao Mamuang

mango sticky ricce

sumber foto: http://hongngocha.com/en/category/travel-knowledge/

Makanan apaan lagi, nih? Hmmm, kalau Mister kasih tahu nama Inggrisnya pasti kamu nyadar. Yap, sebutan lainnya adalah mango sticky rice! Kalau tom yum goong adalah makanan berat favorit, maka mango sticky rice adalah camilan manis yang Bangkoka banget. Makanan yang satu ini adalah perpaduan potongan mangga yang matengnya pas dan ketan yang disiram saus ketan. Di daerah Khaosan Road dan sekitarnya, penjual camilan ini bertebaran di mana-mana, jadi kamu bisa pilih yang menjual dengan harga terbaik.

 

7. Thai Tea

thai tea

sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/575757133596415892/

Udah banyak makan, jangan sampai kelupaan minum! Biar tenggorokan nggak kering, harus sering disiram dengan Thai tea! Hmmm gimana, ya, mendeskripsikan rasanya? Yang jelas, rasa teh yang satu ini creamy banget karena dicampur susu kental manis. Meskipun susu banget, rasa sepat khas tehnya nggak ilang, lho. Jadi rasa susu dan tehnya berpadu dengan seimbang. Oh ya, satu lagi, harganya murah banget! Harga thai tea yang dijual di Indonesia sama kayak 5 gelas gede thai tea yang dijual di pinggir jalan Bangkok.

 

8. Gooay Teeo Reua

Gooay teeo reua

sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/243194448602818765/

Kalau diterjemahin, nama makanan ini berarti kwetiau perahu. Kenapa diamain begini? Soalnya, pas jaman dulu mie ini disajikan dalam mangkuk kecil dari atas perahu yang mengapung di kanal dan sungai di Bangkok. Terdiri dari kuah yang mengandung campuran daging, rempah, dan bumbu kering yang dimasak lama, gooay teeo reua adalah salah satu makanan Thailand yang paling kaya rasa.

 

9. Yi Mein

Top 12 must-try Bangkok dishes | Dishes, Thai appetizer, Food

sumber foto: https://www.pinterest.ca/pin/464504149042290729/

Dulunya jadi makanan eksklusif kerajaan Thailand, mie renyah yang dimasak secara tradisional ini punya aroma yang unik dan sensasi asam manis yang bikin kamu menelan ludah. Kamu harus pinter cari-cari tempat makan yang oke, karena makanan ini termasuk yang udah agak langka. Pilih restoran yang menyajikannya dengan cara jaman dulu karena rasanya udah pasti beda dengan yang dimasak secara modern.

 

10. Or Sooan

Top 12 must-try Bangkok dishes - Lonely Planet

sumber foto: https://www.lonelyplanet.com/articles/top-12-must-try-dishes-in-bangkok

Kalau kamu main ke kawasan Pecinan di Bangkok, kamu bakal gampang banget nemuin makanan yang satu ini karena dia bisa dibilang adalah makanan pokok orang-orang di sana. Terbuat dari kombinasi kerang atau remis setengah mateng yang digoreng dengan telur, makanan gurih ini pasti bikin siapa pun ketagihan, termasuk kamu. Iya, kamu yang lagi baca artikel ini.

Komentar